Semen Padang turut berkontribusi bangun tol Pekanbaru-Dumai

id berita padang, berita sumbar, semen padang, tol Pekanbaru dumai

Semen Padang turut berkontribusi bangun tol Pekanbaru-Dumai

Sebuah kendaraan melintas di gerbang Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Kota Pekanbaru, Riau. (Antara/FB Anggoro)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang turut andil dalam pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai yang merupakan salah satu proyek strategis nasional sepanjang 131,48 kilometer yang telah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual dari Istana.

"Ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami, ketika produk PT Semen Padang kembali mendapat kepercayaan digunakan untuk pembangunan proyek strategis nasional Jalan Tol Pekanbaru–Dumai," kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, di Padang, Sabtu.

Menurut dia dengan telah diresmikan oleh Presiden Jokowi, proyek tol ini telah melengkapi proyek strategis lainnya di Indonesia yang memakai produk PT Semen Padang.

Sementara Senior Vice President Sales Semen Indonesia Group Rahman Kurniawan menjelaskan, untuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Semen Padang memasok tipe semen Ordinary Portland Cement (OPC), melalui kerjasama dengan PT PP Presisi, dan PT Hutama Karya Infrastruktur.

"Total pasokan Semen Indonesia Group berjumlah kurang lebih 300.000 ton," kata dia.

Jalan Tol Pekanbaru–Dumai adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai berada di Riau.

Pembangunan jalan tol ini dimulai pada Desember 2016. Jalan tol ini dibagi menjadi 6 seksi tol yaitu seksi 1 Pekanbaru - Minas sepanjang 9,5 kilometer, seksi 2 Minas – Kandis Selatan sepanjang 24,1 kilometer, seksi 3 Kandis Selatan – Kandis Utara sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 Duri Utara-Dumai sepanjang 25,05 kilometer.

Sebagai perusahaan yang berdiri sejak 1910, produk Semen Padang telah menjadi tonggak modernisasi di Indonesia, dengan banyaknya bangunan monumental yang dibangun menggunakan produk pabrik semen yang pertama di Asia Tenggara tersebut.

Di antaranya yang terbaru adalah jembatan Kelok Sembilan, Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh, dan proyek Tol Padang-Pekanbaru yang saat ini dalam proses pembangunan.