Ini peran penting PKK dalam tingkatkan pertumbuhan UMKM di Pariaman

id berita pariaman,berita sumbar,PKK

Ini peran penting PKK dalam tingkatkan pertumbuhan UMKM di Pariaman

Sejumlah kader PKK sedang menyaksikan video saat Penilaian Kegiatan Gerakan PKK Tingkat Provinsi di Pariaman, Sumbar untuk dinilai oleh pihak terkait, Senin. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

PKK memiliki peran dan kaki (pengaruh) sampai ke desa-desa sehingga dapat menjalankan berbagai program,
Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berperan penting meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu dengan membuat berbagai pemberdayaan.

"PKK memiliki peran dan kaki (pengaruh) sampai ke desa-desa sehingga dapat menjalankan berbagai program," ujar dia usai sambutan pada Penilaian Kegiatan Gerakan PKK Tingkat Provinsi di Pariaman, Senin.

Ia menambahkan pentingnya kehadiran PKK untuk pemberdayaan keluarga apalagi dengan adanya revitalisasi PKK, maka program kerja di organisasi itu juga dapat berdampingan dengan program-program di organisasi perangkat daerah.

Ia menyebutkan adapun program yang dapat direalisasikan oleh PKK yaitu menggerakkan keluarga di daerah itu untuk membuat usaha guna meningkatkan perekonomian warga.

Bahkan, lanjutnya usaha kerajinan produktif yang dimiliki oleh keluarga di daerah itu dapat lebih dikembangkan melalui PKK.

Selain itu, tambah Genius PKK juga dapat menguatkan ketahanan pangan di Kota Pariaman dengan mengajak keluarga di daerah itu menanam tanaman produktif sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga.

"Jadi peran dari PKK itu lebih efektif untuk pemberdayaan masyarakat," katanya.

Hal tersebut juga dapat menjawab tantangan dalam masa pandemi COVID-19 yaitu meningkatkan kembali perekonomian warga serta menciptakan ketahanan pangan.

Selain program untuk peningkatan ekonomi warga dan mewujudkan ketahanan pangan, lanjutnya PKK juga melakukan sejumlah pemberdayaan lainnya diantaranya kesehatan dan pendidikan.

Ia mengapresiasi langkah PKK dalam hal inovasi penilaian program dan kegiatan organisasi itu guna mengurangi kerumunan yaitu dengan membuat video kreatif.

"Biasanya tim penilai langsung datang ke desa, namun karena bencana COVID-19 maka dibuat video," ujarnya.