Yayasan UPI YPTK Padang berencana bangun pesantren di Kabupaten Solok

id Herman Nawas,berita solok,solok terkini,berita sumbar,sumbar terkini,Rahmatan Lil Alamin

Yayasan UPI YPTK Padang berencana bangun pesantren di Kabupaten Solok

Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas dan rombongan saat bersilaturahmi dengan Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Senin (13/7) (ANTARA/Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - Universitas Putera Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang berencana membangun pesantren Rahmatan Lil Alamin bertaraf internasional di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Kami selain datang untuk bersilaturrahmi juga berdiskusi terkait rencana pembangunan pesantren bertaraf internasional di Kabupaten Solok," kata Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas di Arosuka, Senin (13/7).

Ia menjelaskan salah satu tujuan pembangunan pesantren untuk mengembangkan ajaran islam serta menciptakan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan dunia luar.

Menurutnya, demi membangun pesantren yang berkualitas baik. Pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan Universitas Islam Madinah, serta merekrut guru dari negara luar ataupun lulusan luar negeri.

Pihaknya berharap Pemerintah Kabupaaten Solok untuk ikut bekerjasama demi kelancaran pembangunan pesantren tersebut.

"Nantinya kami juga menargetkan agar lulusan pesantren ini dapat melanjutkan studi ke Universitas Islam Madinah maupun Universitas Islam di negara lain," ujarnya.

Selain itu, Wakil Rektor IV UPI YPTK Padang, Muhammad Ridwan mengatakan rencana pesantren yang akan dibangun bernama "Pesantren Rahmatan Lil'alamin International Boarding School" yang terletak di Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak.

Menurutnya, pembangunan direncanakan di atas lahan seluas lebih kurang 45 Ha secara bertahap. Untuk tahap satu akan dilakukan pembangunan lebih kurang 10 persen dari seluruh perencanaan dan akan dimulai pada Agustus 2020.

"Selagi melakukan pembangunan, pihaknya juga akan melakukan promosi untuk menarik minat masyarakat untuk masuk ke pesantren yang sedang dibangun," ujarnya.

Pihaknya menargetkan dengan pembangunan yang lebih cepat ini, maka nanti pada Juli 2021 sudah bisa memulai aktivitas belajar mengajar di pesantren bersama santri angkatan pertama.

Selain pesantren, pihaknya juga akan mendukung kegiatan pembelajaran dengan adanya sunnah sport center seperti olah raga berkuda, memanah dan lainnya, serta akan membangun dan mengembangkan lokasi wisata religi di kawasan kampus pesantren.

Sementara itu, Bupati Solok, Gusmal sangat mengapresiasi niat baik pimpinan UPI YPTK Padang yang akan membangun pusat pendidikan islam seperti Pesantren Rahmatan Lil'alamin International Boarding School di Kabupaten Solok.

"Pembangunan pesantren ini juga sangat mendukung program saya yang selama ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah, membentuk program sekolah umum berbasis pesantren (SUBP)," ujarnya.

Dengan adanya pesantren ini nanti, diharapkan dapat meningkatkan karakter anak didik menuju karakter akhlakul kharimah serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah setempat.

Gusmal juga berharap nantinya anak-anak di wilayah Solok yang berkeinginan untuk masuk pesantren tersebut mendapat kemudahan dan bisa lebih diprioritaskan.

"Pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan dan kemudahan demi kelancaran pembangunan pesantren," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar