Tim Badan Akuntabilitas awasi kedatangan APD pesanan Pemprov Sumbar

id liga indonesia baru,liga 1,lib,cucu somantri

Tim Badan Akuntabilitas awasi kedatangan APD pesanan Pemprov Sumbar

Tim badan akuntabilitas satgas penanganan COVID-19 Sumbar. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Tim Badan Akuntanbilitas Pengawasan pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar menilai barang kebutuhan tenaga medis berupa puluhan ribu Alat pelindung Diri (APD), pelindung wajah hingga masker N95 telah sesuai dengan dokumen pemesanan.

"Kita adalah bagian dari pengawasan, karena itu kita periksa semua barang yang datang untuk memastikan tidak terjadi salah pengiriman. Semua baik," kata perwakilan tim dari BPKP Sumbar, Jun Suwarno, di Padang, Senin.

Ia didampingi anggota tim lainnya Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumbar dan Inspektorat Provinsi Sumbar.

Menurutnya kedatangan perangkat APD tersebut merupakan pengadaan APD tahap dua dan yang ke empat kalinya dilaksanakan. “Untuk tahap 2 ini APD yang didatangkan terdiri dari baju hazmat, masker N95, penutup kepala dan sarung tangan (hand glove),” katanya.

Ia berharap dengan pengadaan APD yang dilaksanakan BPBD Provinsi Sumbar ini, dapat bermanfaat dan segera didistribusikan untuk digunakan pihak yang membutuhkan, yakni, rumah sakit yang ada di Sumbar.

Saat ini, dalam proses pengadaan APD ini, menurut Jun, pihaknya bersama tim pengawas sudah melihat dokumen berupa surat jalan barang APD. “Surat jalannya sudah kami lihat. Sehingga kami bisa mengecek seperti apa barangnya,” terang Jun.

Namun, Jun berpesan kepada Kepala BPBD Provinsi Sumbar, jika ke depan akan melakukan pengadaan APD lagi, agar tidak hanya dokumen surat jalan saja, tetapi juga dilengkapi dokumen pemesanan. “Surat pemesanan dan dokumen surat jalannya seharusnya ada di lokasi. Sehingga, kami bisa melihat lebih baik lagi,” harapnya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman mengatakan, perangkat APD yang didatangkan tersebut terdiri dari, tambahan baju hazmat premium, sebanyak 7.800 pcs. Di mana sebelumnya, juga telah didatangkan 52.200 baju hazmet premium dari total 60.000 pcs yang sudah dipesan.

Juga ada masker N95 untuk dokter dan tenaga medis sebanyak 60.000 unit, sarung tangan (hand glove) sebanyak 60.000 unit, penutup kepala medis sebanyak 60.000 unit dan kacamata goggles sebanyak 10.000 unit. “Kemarin, juga sudah didatangkan 5.000 unit sepatu boot pelindung,” ujarnya.

Dengan kedatangan perangkat APD kali ini, maka perangkat APD yang didatangkan sudah lengkap satu set, untuk tenaga medis. ”Dengan mendatangkan 60.000 APD lengkap, maka jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan APD tenaga medis di Sumbar, untuk satu bulan ke depan. Kalau sudah habis nanti, kita pesan lagi,” ujar Erman.*