Universitas Indonesia terima 1.636 orang mahasiswa baru melalui jalur prestasi akademik

id UI,mahasiswa baru UI,simak UI

Universitas Indonesia terima 1.636 orang mahasiswa baru melalui jalur prestasi akademik

Gedung Rektorat UI. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Jumlah tersebut terdiri atas 739 calon mahasiswa program vokasi, 640 calon mahasiswa program sarjana kelas paralel, dan 257 calon mahasiswa program sarjana kelas internasional,
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.636 calon mahasiswa baru melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talentscouting UI.

"Jumlah tersebut terdiri atas 739 calon mahasiswa program vokasi, 640 calon mahasiswa program sarjana kelas paralel, dan 257 calon mahasiswa program sarjana kelas internasional," kata Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Dr. Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Ia mengatakan penerimaan mahasiswa baru melalui PPKB/Talentscouting ini merupakan seleksi masuk tanpa ujian tulis, hanya sekolah yang diundang yang dapat mendaftarkan siswa melalui jalur ini. Jika sekolah tidak mendapat undangan, maka siswa dari sekolah tersebut tidak dapat mendaftar di jalur undangan.

"Kami juga telah menyesuaikan proses verifikasi rapor serta pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang dilakukan secara daringatau online, mengingat situasi darurat COVID-19 saat ini," katanya.

Pengumuman dilakukan pada Senin (13/4) melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id/ppkb.

Bagi para calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi agar segera memenuhi persyaratan pendaftaran ulang. Tahap pertama yang harus dilalui calon mahasiswa adalah tahap Verifikasi Rapor.

Pada tahap ini, data diri beserta dokumen saat mendaftar pada penerimaan.ui.ac.id/ppkb akan diverifikasi kesesuaiannya dengan nilai yang dimasukkan (input) oleh Sekolah.

Peserta yang lolos verifikasi rapor akan diumumkan di laman penerimaan.ui.ac.id/ppkb pada tanggal 23 April 2020 dan akan memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap kedua adalah Pembayaran Biaya Akademik yang akan berlangsung sejak tanggal 23 April - 3 Mei 2020. Tahap ketiga adalah Pra-Registrasi yang dilakukan secara online melalui laman dilakukan melalui halaman pra-registrasi.ui.ac.id. Tahap terakhir adalah Registrasi Akademik yang berlangsung mulai tanggal 4-8 Mei 2020.

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan pada Program Pendidikan Vokasi, UI menyediakan daya tampung sebanyak 70 persen dijaring melalui jalur PPKB, sementara 30 persenmelalui jalur SIMAK UI. Pada program Sarjana Paralel, UI menyediakan daya tampung sebanyak 50 persen melalui jalur PPKB, sementara 50 persen lainnya melalui jalur SIMAK UI.

Pada Sarjana Kelas Internasional tersedia kuota sebanyak 40 persen melalui jalur Talentscouting, dan 60 persen daya tampung melalui SIMAK UI. Pada jalur PPKB/Talentscouting, siswa dapat memilih 13 program studi pada Program vokasi, 31 program studi pada sarjana kelas paralel, serta 15 program studi pada sarjana kelas internasional.

Program Pendidikan Vokasi dan S1 Paralel diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan usia ijazah, sementara S1 Kelas Internasional diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijazah maksimal 5 tahun dan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar