Mulai hari ini objek wisata di Pesisir Selatan ditutup

id penutupan objek wisata,virus corona,covid-19,pesisir selatan tutup objek wsiata,pesisir selatan

Mulai hari ini objek wisata di Pesisir Selatan ditutup

Kawasan Mandeh, Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ditutup terhitung sejak Senin hingga waktu yang belum ditentukan sebagai upaya meminimalisasi paparan virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Berdasarkan hasil rapat gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pesisir Selatan terhitung hari ini semua objek wisata ditutup," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler setempat Rinaldi di Painan, Senin.

Objek wisata di Pesisir Selatan tidak hanya populer bagi wisatawan di Sumatera Barat namun juga nasional hingga mancanegara.

Penutupan objek wisata dilakukan untuk beberapa waktu ke depan oleh perangkat daerah terkait dan akan kembali dibuka setelah dilaksanakan serangkaian evaluasi.

"Dengan situasi saat ini jika objek wisata tetap dibuka maka masyarakat di sekitar objek wisata dan pelaku wisata rentan terpapar COVID-19," imbuhnya.

Pesisir Selatan merupakan kabupaten di Indonesia yang dikenal karena keindahan objek wisata baharinya, bahkan pada akhir 2017 Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di daerah setempat meraih peringkat pertama kategori Surga Tersembunyi Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II.

Kawasan Mandeh dipercantik oleh beberapa pulau berpasir putih yang asri. Perairannya tenang membuat siapapun bisa menikmati pelayaran tanpa takut mabuk laut.

Masih di kawasan Mandeh yakni di pulau Sironjong Ketek pengalaman menarik sekaligus menantang bisa dinikmati wisatawan dengan cara melompat dari tangga setinggi 25 meter ke perairan.

Selain Mandeh juga ada Pantai Carocok Painan, objek wisata ini berada tidak jauh dari ibukota kabupaten, di lokasi tersedia berbagai wahana air seperti speed boat, banana boat dan lainnya.

Di lokasi juga terdapat pulau Cingkuak, pulau ini tidak kalah cantik dibanding pulau-pulau di Mandeh, dan membuatnya semakin menarik karena di lokasi terdapat benteng Portugis.

Hingga saat ini sisa-sisa benteng masih bisa dilihat dan banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berswafoto.

Tidak jauh dari Pantai Carocok Painan terdapat bukit Langkisau yang kerap di jadikan sebagai lokasi perlombaan paralayang tingkat nasional dan internasional.

Di lokasi wisatawan bisa menikmati keindahan garis pantai bagian barat palau Sumatera, tata kota Painan yang indah hingga luasnya samudera Hindia.

Tidak hanya itu di Pesisir Selatan juga terdapat objek wisata Pantai Sago, pantai Tan Sridano, dan objek wisata bahari lainnya yang selalu "diserbu" wisatawan sepanjang tahunnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar