PKS Sumbar belum putuskan calon yang diusung dalam Pilgub

id PKS Sumbar,Pilgub 2020,Padang, Sumbar,pilkada sumbar 2020

PKS Sumbar belum putuskan calon yang diusung dalam Pilgub

Ketua DPW PKS Sumatera Barat Irsyad Safar (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Irsyad Safar menyatakan pihaknya belum menentukan tokoh yang akan mereka usung dalam Pilgub Sumbar walaupun ada informasi yang menyebutkan DPP PKB telah memberikan rekomendasi Ketua PKB Sumbar akan berpasangan dengan kader mereka Riza Pahlevi.

“Hingga saat ini belum ada keputusan dari DPP, kita masih menunggu,” kata dia di Padang, Senin.

Menurut dia, DPW PKS Sumatera Barat sendiri telah mengusulkan dua nama yang akan diusung menjadi calon gubernur yakni Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Payakumbuh Riza Pahlevi.

Ia mengatakan kedua kader tersebut telah diinstruksikan oleh DPP untuk menjalin komunikasi dan sosialisasi terkait langkah mereka maju dalam Pilgub Sumbar 2020.

“Saya tekankan sekali lagi, tidak ada kader PKS yang ingin maju semua itu atas instruksi partai dan untuk saat ini memang keduanya masih berpeluang,” kata dia.

Ia mengatakan kedua calon itu merupakan kader terbaik PKS di Sumatera Barat dan dirinya mempersilahkan keduanya bergerak menjalin komunikasi dengan sejumlah partai.

“Apabila keputusan siapa calon yang akan diusung maka seluruhnya harus menerima dengan baik karena keputusan DPP merupakan yang terbaik bagi Sumatera Barat dan partai sendiri tentunya,” kata dia.

Saat ini kedua tokoh terus menjalin komunikasi politik untuk memperkuat langkah mereka. Seperti Mahyeldi Ansharullah sudah mulai pendekatan dengan PPP yang memiliki tiga kursi di DPRD Sumbar.

Hal serupa juga dilakukan Riza Pahlevi yang melakukan pendekatan dengan PKB yang juga memiliki tiga kursi di DPRD Sumatera Barat.

PKS Sumatera Barat sendiri saat ini memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar dan untuk mengusung pasangan calon kepala daerah di Pilgub Sumbar mereka harus memiliki minimal 20 persen kursi atau 13 kursi dari 65 kursi anggota DPRD Sumbar.

“Kami tentu berharap keputusan tersebut segera turun agar dapat ditindaklanjuti,” kata dia