Serahkan syarat 30.001 dukungan, Ferizal-Nurkhalis klaim dukungan capai 79 ribu

id pilkada limapuluh kota,Ferizal-Nurkhalis,calon perseorangan

Serahkan syarat 30.001 dukungan, Ferizal-Nurkhalis klaim dukungan capai 79 ribu

Bakal calon bupati dan wakil bupati, Ferizal-Nurkhalis saat mendatangi KPU Kabupaten Limapuluh Kota untuk melakukan submit total dukungan di silon, Kamis (20/2). (ANTARA/Akmal Saputra)

Sarilamak (ANTARA) - Maju melalui jalur perseorangan, bakal calon bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan yang menggandeng Caleg DPD RI 2019 Nurkhalis mengklaim sudah mendapatkan dukungan mencapai 79.000 untuk maju Pilkada 2020.

Ferizal Ridwan di Sarilamak, Kamis, menyebutkan untuk syarat perseorangan yang dimasukan ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (silon) dan diserahkan ke KPU Kabupaten Limapuluh Kota berjumlah 30.001 dukungan.

"Setelah berdiskusi dengan pihak KPU, kami mengambil angka untuk submit ke Silon dalam pencalonan dengan jumlah 30.001 dukungan yang tersebar di 13 kecamatan, 79 nagari, 416 jorong," katanya pada konferensi pers jelang menyerahkan dukungan pencalonan ke KPU Kabupaten Limapuluh Kota.

Ia mengatakan jumlah dukungan yang akan diserahkan itu sudah melewati sejumlah proses verifikasi di internal dan menjamin jumlah dukungan yang akan di serahkan tersebut.

"Kita silahkan kepada penyelenggara utnuk melakukan verifikasi dan kami telah menandatangani fakta integritas, bahwa kami sepenuhnya bertanggung jawab penuh atas data dan dokumen yang akan diserahkan. Ferizal-Nurkhalis untuk Limapuluh Kota bangkit menggunakan koalisi rakyat dengan kekuatan silaturahmi," ujarnya, yang merupakan bupati petahanan, yang didampingi Nurkhalis.

Ia menyebutkan dirinya bersama Nurkhalis sudah berkomitmen dan mendeklarasikan diri untuk maju melalui jalur perseorangan pada Pilkada 2020 nanti semenjak 1 Oktober lalu. Ketika sudah mendeklarasikan maju, relawan dan pendukung mulai bergerak untuk mengumpulkan dukungan dari warga.

Pilihannya untuk maju melalui jalur perseorangan telah melewati sejumlah pertimbangan, termasuk kekuatan keduanya dalam menarik simpati masyarakat.

"Pada Pileg lalu Nurkhalis calon DPD RI di Sumbar untuk Kabupaten Lima Puluh Kota saja ia mengumpulkan sebanyak 68 ribu dukungan. Artinya, 68 ribu sudah mengenal dan berinteraksi dengan Nurkhalis. Ini jadi pertimbangan," ujarnya.

Rencana awal, Kamis (20/2) siang Ferizal-Nurkhalis bersama dengan tim akan menyerahkan syarat dukungan ke KPU. Namun, diundur menjadi Jumat (21/2) pagi.

"Kita telah submit total dukungan kita di Silon. Sekarang tinggal menyerahkan bukti fisik syarat dukungan ke KPU," sebutnya

Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota Masnijon membenarkan bahwa bakal calon jalur independen Ferizal-Nurkhalis sudah melakukan submit total dukungan di silon.

"Memang rencananya siang ini langsung datang ke sini menyerahkan syarat dukungan. Tapi sepertinya diundur menjadi besok," ujarnya.

Ia mengatakan hanya dua bakal calon dari jalur perseorangan yang berniat maju di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, yakni Maskar M. Dt. Pobo-Masril dan Ferizal-Nurkhalis. (*)