Ratusan turis batal saksikan even pacu jawi

id turis china,virus corona,pacu jawi, tanah datar, sumatera barat, ratusa turis

Ratusan turis batal saksikan even pacu jawi

Ilustrasi-Seorang joki berusaha mengendalikan sapi (Jawi) saat mengikuti kegiatan olahraga tradisional Pacu Jawi (Balap Sapi), di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (13/8/2016). (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Batusangkar (ANTARA) - Ratusan wisatawan asal Kota Kunming China batal menyaksikan even pacu jawi yang digelar di Nagari Sungai Jambu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Ratusan wisatawan asal Kota Kunming China batal mengunjungi Tanah Datar pada hari kedua mereka mengelilingi beberapa objek wisata di Sumatera Barat.

Pembatalan kunjungan itu dilakukan setelah melalui pertimbangan dari kedua belah pihak baik dari rombongan turis maupun pemerintah daerah, kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar,Abdul Hakim di Batusangkar, Senin.

Setelah turis asal Kota Kunming China itu didemo warga di Kota Bukittinggi, sehingga dikhawatirkan hal serupa (didemo) terjadi pula di Tanah Datar.

"Atas kesepakatan tersebut, bupati telah menyatakan kedatangan turis asal negara tirai bambu ke Tanah Datar dibatalkan," katanya.

Sebelumnya sesuai jadwal, ketika rombongan tiba Istano Basa Pagaruyung sekitar pukul 09.30 Wib akan disambut dengan tari gelombang.

Baru selanjutnya,salah satu agenda kunjungan untuk menyaksikan pacu jawi yang merupakan even wisata tahunan di Kabupaten Tanah Datar.

Pacu jawi merupakan permainan tradisional yang dilomba para joki mengiri sapi di lahan sawah berlumpur.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar