PPID punya peran penting, kata Kadis Kominfo Sijunjung

id PPID, informasi, keterbukaan, sijunjung, sumatera barat

PPID punya peran penting, kata Kadis Kominfo Sijunjung

Kadis Kominfo Sijunjung Rizal Efendi terlihat sedan mengambil apel gabungan. (ist)

Muaro (ANTARA) - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) punya peran sangat penting, terlebih diera industri 4.0 informasi mengalir deras dengan cepat dan informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi.

Hal ini disampaikan Rizal Efendi selaku pejabat pengambil apel pada saat apel gabungan di Simpang Tugu Muaro, Senin.

“Keberadaan PPID penting, apalagi di era industri 4.0 informasi mengalir deras dengan cepat. Saat ini informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Kita harus respon cepat dalam memenuhi berbagai permintaan informasi yang dibutuhkan tersebut,” kata Rizal.

Selain itu, peran dan fungsi PPID tidak hanya mengelola dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat semata, melainkan PPID ini adalah ujung tombak dalam membranding program kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

"PPID itu bukan hanya tugas Diskominfo saja, tetapi tugas kita bersama. Kita harus kelola PPID dengan sebaik-baiknya, secanggih apapun kanal yang ada, tanpa dikelola PPID tentu tidak akan berarti," imbaunya.

Karenanya, pihaknya berharap kepada Sekretaris Dinas, Badan dan Kantor selaku ketua PPID pembantu untuk saling berkolaborasi, sehingga dapat menyajikan data dan informasi yang utuh dan akurat, guna meminimalisir terjadinya sengketa informasi yang dapat merugikan seluruh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

“Seandainya ada sangketa informasi, yang akan mewakili dalam persidangan adalah sekretarisnya bukan Kepala Dinas. Karena Sekretaris adalah ketua PPID pembantu, maka sekretaris harus menguasai dokumen-dokumen yang ada pada dinas, badan dan kantor masing-masing,” ujarnya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar