Pariaman bekerja sama dengan Universitas Terbuka tingkatkan SDM guru PAUD

id Liestyodono Bawono,Universitas Terbuka,berita pariaman

Pariaman bekerja sama dengan Universitas Terbuka tingkatkan SDM guru PAUD

Wakil Rektor IV Universitas Terbuka Dr.  Liestyodono Bawono Irianto (kanan) dan Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) menandatangani MoU peningkatan sumberdaya manusia khusus guru PAUD di Pariaman, Kamis. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bekerja sama dengan Universitas Terbuka untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah itu.

Wakil Rektor IV Universitas Terbuka Dr. Liestyodono Bawono Irianto usai penandatanganan kerja sama di Pariaman, Kamis, mengatakan nantinya para guru PAUD yang mengikuti program pendidikan akan mendapatkan sertifikat setara Diploma I dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Ia menyampaikan lokasi kelas pelaksanaan pendidikan akan dilaksanakan di Kota Pariaman agar guru PAUD peserta program tersebut dapat mengikuti perkuliahan namun tidak meninggalkan tugasnya sebagai pendidik di sekolah.

"Besaran dana untuk mengikuti program ini mencapai Rp4,5 juta per orang, namun teknis pendanaannya kami serahkan kepada peserta dan Pemkot Pariaman," katanya.

Ia mengatakan kerja sama sejenis dengan Pemkot Pariaman sudah sering dilaksanakan dengan pemerintah daerah lainnya, jadi ini bukan hal baru lagi.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan di daerah itu masih banyak terdapat guru PAUD yang latar pendidikannya tidak linear dengan profesinya, dan ada yang tamatan SMA sederajat.

"Oleh karena itu, untuk tahun ini kami sediakan kuota 40 orang untuk mengikuti pendidikan ini," ujarnya.

Ia menyampaikan 50 persen biaya pendidikan untuk 40 guru PAUD tersebut akan didanai melalui APBD, sedangkan sisanya dibiayai peserta.

Program ini bertujuan meningkatkan SDM guru Paud di Kota Pariaman selain program Satu Keluarga Satu Sarjana sehingga nantinya SDM pendidik terus meningkat.

"Salah satu cara untuk memajukan daerah adalah dengan meningkatkan pendidikan," kata dia.

Jumlah guru PAUD di Kota Pariaman sekitar 700 orang, dari jumlah itu 200 orang pendidikannya telah liner dengan profesi, lalu 250 orang masih berpendidikan SMA sederajat, sedangkan sisanya berpendidikan sarjana dari berbagai disiplin ilmu. (*)