Bupati Irdinansyah Tarmizi apresiasi sekolah punya program tahfiz

id Irdinansyah Tarmizi ,Tahfiz,Tanah Datar

Bupati Irdinansyah Tarmizi apresiasi sekolah punya program tahfiz

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi. (ANTARA/HO-Humas Tanah Datar)

​​​​​​​Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi sekolah yang memiliki program tahfiz guna mendekatkan generasi muda ke nilai-nilai islami berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Kitabullah (ABS-SBK).

"Bagi sekolah yang sudah menerapkan program tahfizh saya beri apresiasi. Bagi yang belum semoga ini menjadi acuan dan program kita bersama sehingga niat kita menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfizh dapat diwujudkan," katanya di Batusangkar Rabu.

Ia mengatakan program hafiz merupakan program unggulan Kabupaten Tanah Datar sesuai dengan visi misi daerah menciptakan kabupaten madani.

Menurutnya seorang hafiz atau anak penghafal Al Qur'an cenderung memiliki otak yang cerdas dan berbudi pekerti luhur dan juga bisa menekan angka kriminalitas.

"Kalau program tahfiz ini berhasil, maka akan dapat menekan angka kriminalitas, karena anak-anak hafiz akan cenderung berprilaku baik dan terhindar dari penyakit masyarakat," katanya.

Untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada para hafiz, pemerintah daerah memberikan penghargaan studi banding ke luar negeri. Bahkan bagi yang hafalannya 10 hingga 30 juz dapat reward umroh ke tanah suci Mekkah.

Ia mengatakan pada 2017 pemerintah daerah memberangkatkan hanya dua orang hafiz, pada 2018 bertambah sebanyak enam orang, dan di tahun 2019 ini sudah diberangkatkan sebanyak 10 orang.

Ia bertekad untuk kedepannya akan meningkatkan jumlah anak yang hafiz Qur'an di Tanah Datar seiring melatih kemampuan para guru tahfiz tersebut.

"Kedepan hal ini akan terus kita lanjutkan dan ditingkatkan, dan kita juga akan berupaya melatih guru-guru tahfiz, karena saat ini melalui pemerintah daerah kita juga telah membina 14 rumah tahfiz, satu per kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan semenjak 2006 hanya ada enam rumah tahfiz, dan hingga saat ini sudah mencapai 172 rumah tahfiz yang berdiri di Tanah Datar.

Itu semua atas inisiatif masyarakat yang menunjukkan bahwa masyarakat punya kepedulian tinggi untuk menciptakan anak-anak yang berkarakter dan hafizAl Qur'an.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar