Malam pergantian tahun, petasan dan kembang api dilarang di Tanah Datar

id Irdinansyah Tarmizi ,Perayaan Pergantian Tahun,Petasan dan Kembang Api,Tanah Datar

Malam pergantian tahun, petasan dan kembang api dilarang di Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi mengimbau seluruh warga di daerah itu tidak merayakan malam tahun baru dengan petasan dan kembang api yang mengganggu ketertiban umum.

"Kepada warga kami imbau untuk tidak menggunakan petasan dan kembang api dan sejenisnya, kebut-kebutan dijalan raya dengan penggunaan knalpot racing yang akan mengganggu ketertiban umum," katanya di Batusangkar Selasa.

Ia mengatakan sebaiknya malam tahun baru lebih baik diisi dengan rangkaian kegiatan yang positif seperti berkumpul bersama keluarga atau doa bersama.

Selain itu juga perlu meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat agar jangan mudah terpancing oleh isu yang akan memecah belah dan merugikan.

Ia juga menginstruksikan kepada seluruh aparat pemerintah hingga ditingkat jorong dan pemerintahan nagari untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing.

"Peran Wali Nagari dan Wali Jorong juga kita harapkan untuk memantau situasi wilayah dengan meningkatkan sistem siskamling agar terciptanya keamanan diwilayah setempat," katanya.

Bupati juga mengimbau warga untuk tidak mengadakan kegiatan hiburan malam di tempat-tempat umum, seperti pendakian Gunung Marapi dan Gunung Singgalang yang berpotensi terjadinya perbuatan maksiat.

Kemudian, karena sudah memasuki musim hujan Bupati juga mengimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri bahaya longsor dan banjir.

Diharapkan bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada suatu daerah tidak menimbulkan korban jiwa dan harta benda.