Mendengar banjir bandang di Malalo, Bupati Tanah Datar langsung ke lokasi (Video)

id Banjir Bandang,Padang Laweh,Tanah Datar,Irdinansyah Tarmizi

Mendengar banjir bandang di Malalo, Bupati Tanah Datar langsung ke lokasi (Video)

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi tinjau lokasi pasca banjir bandang di Malalo Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi langsung meninjau lokasi terdampak banjir bandang di Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, kecamatan Batipuh Selatan, Jumat.

Bupati dalam kunjungannya bersama pejabat di lingkungan pemkab setempat menginstruksikan kepada pihak terkait terutama jorong setempat untuk membuka dapur umum dan posko bencana di lokasi kejadian.

"Kami mengharapkan agar segera disiapkan posko dan dapur umum untuk warga serta mendata warga yang rumahnya terdampak bencana banjir bandang ini," ujarnya.

Sambil berbincang dengan warga, Bupati mengimbau untuk menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih ada banjir susulan.

"Kita lihat cuaca masih kurang bersahabat. Di hulu sungai juga terjadi longsoran dengan disertai air, kepada warga diimbau menjauh dulu dari lokasi banjir bandang ini," ujarnya.

Ia mengatakan sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab banjir bandang yang melanda daerah itu. Pihaknya berencana menelusuri hingga ke hulu sungai oleh tim teknis dengan menggunakan drone.

Namun untuk prioritas penanganan pasca bencana itu adalah pembersihan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter agar arus transportasi segera pulih.

Pada kesempatan itu juga, pemerintah daerah melalui Sekda Irwandi menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana berupa sembako dan terpal.

Sementara berdasarkan data yang didapat dari BPBD Tanah Datar, bencana tersebut merusak lima unit rumah, satu bengkel, kantor PDAM, kantor jorong, dan satu toko perabot.

Daftar kerugian berupa harta benda diantaranya 15 karung padi, 10 karung jagung, dua ekor sapi ternak, 10 ekor kambing, satu sepeda motor, satu unit mobil.



Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar