Universitas Negeri Padang kukuhkan empat guru besar

id UNP, guru besar, rektor, dosen, sumatera barat, berita padang

Universitas Negeri Padang kukuhkan empat guru besar

Rektor UNP Prof. Ganefri foto bersama guru besar yang dikukuhkan. (Ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat mengukuhkan empat guru besar pada rapat senat terbuka yang digelar di Auditorium UNP, Senin.

Empat guru besar yang dikukuhkan tersebut yakni Prof. Dr. Kamal Firdaus, M.Kes dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan dua dari Fakultas Teknik (FT) yakni Prof. Dr. M. Giatman, M.SIE dan Prof. Dr. Ambiyar M.Pd.

Rektor UNP, Prof. Ganefri dalam sambutannya mengatakan, pencapaian seorang dosen menjadi guru besar merupakan penghargaan yang prestisius dari pemerintah.

Sebab, tidak semua orang khususnya dosen mampu meraih dan menyandang gelar profesor atau guru besar.

"Tentu saja motivasi seorang dosen meraih gelar profesor atau guru besar bukan karena aspek sosial material, melainkan idealisme tinggi untuk memajukan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan," katanya.

Lebih lanjut Ganefri menyebutkan, dengan mencermati "trak record" keempat guru besar tersebut, ia meyakini keempatnya akan menularkan energi positif bagi kemajuan UNP dan masyarakat luas pada umumnya.

"Berbagai karya dan produk bernilai tinggi akan muncul pasca pengukuhan ini" katanya.

Pada kesempatan itu, Ganefri menegaskan UNP akan terus berlari mengejar ketertinggalannya dengan universitas lain. Berbagai penataan pengelolaan internal menjadi syarat mutlak. Peran guru besar menjadi sangat penting sebagai pelopor inovasi, melalui pendidikan, riset dan pengabdian untuk promosi UNP.

"Pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang begitu cepat, riset-riset yang bermanfaaat bagi masyarakat, menjadi syarat utama bagi majunya UNP, Kami berharap keempat guru besar baru mampu berperan aktif didalamnya," katanya.

Ia menambahkan, UNP sudah mengalokasikan dana penelitian sebanyak 15 persen dari total anggaran UNP, atau sebesar Rp40 miliar.

Para guru besar diharapkan mampu menjadi pioner untuk mengeksekusi dana tersebut dengan syarat riset yang memunculkan kebaharuan, jurnal terakreditasi nasional dan internasional dan buku-buku yang baru, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini.

"Menjadi guru besar bukan akhir dari karir seorang dosen,"ujarnya.
Rektor UNP Prof. Ganefri menyalami para guru besar siap pengukuhan. (Ist)
Pada pengukuhan guru besar tersebut, Prof. Dr. Kamal Firdaus, M.Kes. dosen FIK menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Peran Fisiologi Olahraga pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga".

Selanjtnya Prof. Dr. M. Giatman, MSIE dosen FT menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Manajemen Proyek dan Tantangannya Menuju Era Revolusi Industri 4.0".

Prof. Dr. Alwen Bentri, MPd. dosen Fakultas Ilmu Pendidikan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Bencana di Sekolah Dasar Provinsi Sumatera Barat" dan Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd. dosen Fakultas Teknik menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Inovasi Asesmen dalam Pendidikan Kejuruan pada Abad 21"
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar