UAS berharap Islamic Centerbisa jadi ikon wisata religi di Sumatera

id Ustad Abdul Somad,Masjid Islamic Center Padang Panjang,berita Padang Panjang,berita sumbar

UAS berharap Islamic Centerbisa jadi ikon wisata religi di Sumatera

Keramaian warga di Islamic Center Padang Panjang untuk menyimak ceramah Ustad Abdul Somad, Jumat (3/1). (ANTARA/Ira Febrianti)

Padang Panjang, (ANTARA) - Penceramah Ustad Abdul Somad atau akrab disapa UAS menyampaikan harapannya bahwa Masjid Islamic Center di Padang Panjang, Sumatera Barat bisa menjadi sebuah ikon wisata religi di wilayah Sumatera.

"Fasilitasnya ada dan masih terus dikembangkan, tinggal mengisinya dengan kegiatan bermanfaat," katanya dalam ceramah di Islamic Center dihadiri pelajar dan masyarakat setempat, Jumat.

UAS menyampaikan rasa bangganya bisa berceramah di Islamic Center dan mengajak warga Padang Panjang mensyukuri keberadaan fasilitas itu dengan meramaikannya.

Ruang shalat masjid tersebut dibangun tanpa tiang sehingga tidak menyebabkan terputusnya saf. Kondisi tanpa tiang itu juga membuatnya merasa puas berceramah karena tidak ada tiang yang menghalangi pandangan pada jamaah.

Selain itu ia menilai fasilitas yang ada dan akan dibangun di area Islamic Center diharapkan dapat menjadi pengundang wisatawan datang ke daerah itu untuk menikmati wisata religi.

"Kalau mau rizki lapang, warga Padang Panjang ramaikan masjid ini, ramaikan rumah Allah," katanya.

Warga di Padang Panjang tampak antusias menyimak ceramah ustad kondang tersebut sehingga yang tidak tertampung di dalam masjid, duduk di halaman masjid menyimak melalui televisi yang disediakan Pemkot setempat.

UAS menyampaikan ceramah dengan gaya khasnya disisipi guyon yang ia sampaikan dalam bahasa Minangkabau mengundang tawa warga yang menyaksikan.

Guyon yang ia sampaikan juga mengandung pesan positif sehingga selain tertawa, warga juga mengangguk sebagai tanda setuju.

Dalam ceramahnya selama 60 menit, UAS berpesan agar warga menjaga nama baik Padang Panjang sebagai daerah yang islami dengan menjauhi perbuatan dilarang agama dan selalu dekat dengan masjid.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan apresiasinya atas kehadiran UAS di daerah berjuluk Serambi Mekkah itu.

Menurutnya kehadiran ustad itu bisa menjadi sebuah suntikan semangat bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan pendidikan Islam.

"Kita di sini fokus bagaimana pendidikan Islam terus berkembang. Hadirnya UAS menjadi sebentuk penyemangat bagi pemerintah dalam mengembangkan pendidikan Islam," katanya.

Salah seorang warga dari Silaing Bawah, Wina mengatakan sengaja datang pagi-pagi untuk bisa menyimak langsung ceramah ustad tersebut.

Menurutnya cara berceramah yang tidak melulu serius seperti yang biasa dibawakan UAS membuat pesan lebih mengena dan gampang diterima. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar