Ustaz Abdul Somad di Padang, lalu lintas menuju Pantai Purus dialihkan

id Abdul Somad,Pantai Purus,Padang

Ustaz Abdul Somad di Padang, lalu lintas menuju Pantai Purus dialihkan

Ustadz Abdul Somad mengendarai motor Harley Davidson menuju lokasi Tabligh Akbar di Pantai Purus Padang pada Kamis (2/1) (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merekayasa sejumlah arus lalu lintas menuju ke lokasi tablig akbar Ustaz Abdul Somad di Pantai Purus, Cimpago, daerah setempat.

"Memang ada sejumlah rekayasa lalu lintas yang dilakukan demi menjaga kelancaran arus lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, di Padang, Kamis.

Rekayasa tersebut, katanya, dilakukan dengan menutup beberapa akses utama menuju ke Pantai Purus, Cimpago.

Penutupan dilakukan di Simpang NPM tepatnya depan Kantor Polsek Padang Barat, dan Simpang Rusunawa Padang.

"Namun untuk peserta tablig akbar akses tersebut tetap dibuka," katanya.

Untuk mengamankan arus lalu lintas di sekitar lokasi pihak kepolisian mengerahkan sebanyak 50 personel.

"Personel di lapangan akan memandu warga serta peserta tabligh akbar," katanya.

Ia memprediksi arus lalu lintas di sekitar lokasi akan normal kembali sekitar pukul 21.00 WIB nanti, mengingat ramainya mobilitas masyarakat.

"Tugas kami dari kepolisian adalah memastikan kegiatan serta akses warga lain tetap berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Tablig Akbar Ustaz Abdul Somad dilaksanakan sekitar pukul 16.00 WIB di Pantai Purus, Cimpago Kota Padang dengan tema perkuat keimanan dan memperkokoh kebersamaan.

Selain tablig akbar juga diadakan berbagai kegiatan seperti pemeran, pemutaran video gempa 2009, penampilan musik religi.

Sementara itu, ribuan warga tampak memadati lokasi tablig Ustaz Abdul Somad yang akrab disapa UAS sejak Kamis siang.

Salah seorang warga Yesi Rusadi (42) yang berasal dari Penggambiran, Lubuk Begalung mengatakan ia sudah hadir sejak 13.20 WIB.

"Saya termasuk salah satu penggemar Ustad Abdul Somad sejak beliau mulai terkenal di sosial media, karena ceramahnya mudah dipahami dan tidak terlalu kaku," kata dia.