Rumah Keluargaku, dekatkan pelayanan BKKBN kepada masyarakat

id BKKBN, Sumbar, Padang

Rumah Keluargaku, dekatkan pelayanan BKKBN kepada masyarakat

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan sambutan dalam peresmian Rumah Keluargaku di Padang, Selasa (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Sumatera Barat meresmikan "Rumah Keluargaku" untuk mendekatkan pelayanan keluarga sejahtera kepada masyarakat di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahruddin di Padang, Selasa mengatakan rumah keluargaku merupakan bentuk pengembangan model pemberdayaan keluarga secara nasional.

Ia mengatakan pusat pelayanan ini merupakan miniatur pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan oleh masyarakat.

"Kita berharap rumah keluargaku ini dapat menjadi media untuk memberdayakan keluarga dan mendalami lagi persoalan keluarga dan menemukan solusi," katanya

Ia mengatakan pelayanan dalam bentuk rumah keluargaku ini dikemas secara kreatif sesuai dengan tantangan yang ada saat ini.

Menurut dia rumah keluargaku disediakan layanan konseling bagi segala usia, mulai dari balita, remaja hingga lansia.

Ada pelayanan konseling dan pelatihan keluarga, juga tersedia kafe bagi generasi milenial dengan nama dunia Dinda Cafe, galeri keluargaku yang menampung karya-karya siap jual dan arena bermain untuk anak.

"Lokasi ini merupakan rumah dinas yang kita kembangkan sebagai sarana mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang meresmikan rumah tersebut mengatakan rumah keluargaku dapat menjadi percontohan di daerah lain.

"Rumah keluargaku menjadi tempat konsultasi dan pelatihan semua orang.

Ia mengatakan rumah keluargaku merupakan yang pertama di Sumbar bahkan pertama di Indonesia.

Ia mengatakan tugas BKKBN bukan hanya membatasi jumlah anak, tapi yg penting adalah pembangunan, mencetak membina anak menjadi org berguna.

"Hadirnya rumah keluargaku menjadi relevan dalam menjalankan tugasnya," kata dia

Sementara itu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan hadirnya rumah keluargaku dari BKKBN di Kota Padang merupakan strategi yang sangat tepat untuk pendekatan keluarga.

"Pusat pelayanan rumah keluargaku ini merupakan strategi yang tepat dalam pendekatan keluarga. Penguatan bangsa berawal dari unit terkecil yaitu melalui pendekatan keluarga," kata dia.

Ia mengatakan Pemkot Padang sangat mendukung hadirnya rumah keluargaku dalam rangka mendukung pemberdayaan keluarga.

"Pemkot Padang telah mengajukan perda tentang penguatan keluarga, selain itu ada juga program 1821 yang sedikit banyak mulai memberikan warna," kata dia. (*)