DisdukcapilPasbarterus berinovasi untuk kemudahan pengurusan dokumen

id Disdukcapil, aplikasi layananan, pasaman barat, sumatera barat

DisdukcapilPasbarterus berinovasi untuk kemudahan pengurusan dokumen

Pelayanan Adminduk hari libur di kecamatan yang ada. (Istimewa)

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam penerbitan dokumen kependudukan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Pasaman Barat Hj, Yulisna mengatakan diantara inovasi yang dibuat adalah pelayanan KTP, Akta Kelahiran ke sekolah, layanan Akta Kelahiran melalui penolong kelahiran dengan semboyan “ALIBATA” Anak Lahir pulang Bawa Akta.

Serta juga berbentuk pelayanan online KTP dan SIAK di Kecamatan, Akta Kelahiran online, ditambah dengan pelayanan Jemput bola atau pelayanan keliling ke Desa/Nagari dan Jorong se Kabupaten Pasaman Barat.

Kemudian layanan cek golongan darah gratis kerjasama dengan PMI Kabupaten Pasaman Barat untuk mengisi data golongan darah dalam dokumen kependudukan.

Selanjutnya layanan tanda tangan elektronik ( TTE ) pada dokumen kependudukan yang akan mempercepat dan memperlancar urusan.

Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi Dengan Adminduk (Lantera) adalah pengurusan administrasi kependudukan dengan administrasi nikah bagi calon pasangan suami isteri dimana dokumen nikah dan dokumen adminduknya diserahkan saat pelaksanaan ijab qobul.

Pada tahun 2019 ini Disdukcapil Pasaman Barat telah membuat Inovasi terbaru yang cukup mendasar dalam percepatan penyelesaian dokumen kependudukan yang diaplikasikan dalam bentuk Layanan Sejam Mesti Selesai (SMES)

"Pelayanan ini dimulai dari pengurusan dokumen sampai dicetak dalam waktu satu jam paling lambat mesti selesai sehingga masyarakat tidak ragu lagi untuk berurusan langsung ke kantor," ujarnya.

Kedua, Pelayanan Adminduk Semua Dokumen Lewat Whatsapp PELANDUK SATWA). Layanan ini berlaku bagi masyarakat yang mengurus dokumennya dengan cara mendaftar melalui aplikasi Whatsapp.

Dengan mengirimkan foto berkas sesuai dengan persyaratan yang akan diurus, apabila dokumen telah siap maka diinformasikan kepada pemohon untuk dapat menjemput langsung ke Disdukcapil dengan membawa bukti fisik persyaratan sesuai dengan foto yang dikirim.

Ketiga Layanan Aplikasi SIMPPATI. Layanan ini adalah sebuah aplikasi sistem pelaporan peristiwa kematian berbasis web, Yang dapat diakses oleh kepala jorong melalui komputer atau smartphone.
Lounching aplikasi SIMPPATI dengan Bupati Pasbar, Yulianto dan seluruh Kepala Jorong. (Istimewa)
Berdasarkan laporan tersebut Disdukcapil menerbitkan dokumen Akta Kematian dan dokumen yang menyertainya (Kartu Keluarga dan KTP-el). Yang mana sekali dalam satu bulan akan diantar ke Nagari untuk diserahterimakan dengan Kepala Jorong atau petugas Registrasi Nagari.

Inovasi ini juga mendapat apresiasi sangat tinggi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. H. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH.

Terakhir yang sedang dalam tahap uji coba dan akan segera dilaunching dalam waktu dekat ini adalah Dukcapil Prima Mobile. Layanan berbasis web dan aplikasi android untuk masyarakat dapat mengurus semua dokumen kependudukannya secara online dan cepat yang bisa diakses melalui smartphone maupun computer.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur untuk mencek status Dokumen Kependudukan, cek stok blanko KTP-elektronik pengaduan, Indeks kepuasan masyarakat dan informasi standar pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Mudah mudahan dengan semua inovasi yang telah dilakukan ini dapat mempercepat dan memberi kemudahan kepada seluruh masyarakat di dareah kita," harapnya.

Ia menekankan Disdukcapil Pasaman Barat sebagai salah satu OPD Penyelenggara pelayanan publik dalam era Revolusi Industri 4.0 dihadapkan kepada tantangan yang sangat berat.

Pertama penggunaan internet dan teknologi digital secara masif dalam memberi kemudahan dan kecepatan dalam pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat.

Selain itu hampir diseluruh kecamatan umumnya memiliki daerah terpencil yang jangkauan transportasinya cukup sulit.

Sehingga membutuhkan biaya yang cukup tinggi apabila berurusan langsung ke Ibu Kota Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut itulah Disduk Capil Kabupaten Pasaman Barat telah dan terus melakukan inovasi-inovasi yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam penerbitan dokumen untuk masyarakat.
Keluarga besar Disdukcapil Pasaman Barat. (Istimewa)