Puluhan karya lukis akan dipamerkan peringati Hari Sumpah Pemuda

id karya lukis,padang,foto,pameran,sumpah pemuda,Indonesia

Puluhan karya lukis akan dipamerkan peringati Hari Sumpah Pemuda

Ruangan pameran karya lukisan dan foto di Kafe Batigo, Padang, untuk mempertingati hari Sumpah Pemuda. (Antara/FathulAbdi)

Padang (ANTARA) - Puluhan karya lukisan serta foto akan dipamerkan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda di kafe Kopi Batigo, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Pameran ini memang sengaja digelar untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, ada 25 karya lukisan serta foto yang akan dipamerkan," kata Ketua Pelaksana Pameran Khairul Mahmud, di Padang, Minggu.

Ia mengatakan ada sekitar sepuluh komunitas yang terlibat dalam pameran, namun ada juga yang secara individu.

"Komunitasnya tidak hanya dari Padang saja, ada juga dari daerah lain seperti Kota Padang Panjang dan lainnya," kata pria yang akrab disapa Kapten Moed.

Beberapa karya yang dipamerkan di antaranya adalah milik Yusuf Fadli Acer lulusan pascasarjana ISI Yogyakarta, berjudul "Urgensi" berupa lukisan dengan media plastik.

Kemudian ada juga karya milik Alex Fitra, Khairul Mahmud, R Fernando, dan lainnya.

"Pemilihan karya bersifat undangan, jadi kami sebagai pelaksana menghubungi langsung seniman atau komunitas," katanya.

Selain pameran lukisan serta foto, pada kegiatan itu juga digelar talkshow Creative Talk yang menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Kemudian ada juga penampilan musik yang cocok bagi anak muda, bazar, dan kegiatan kreatif lainnya.

"Kegiatan ini adalah wadah yang menarik bagi anak muda, kami berharap di dalamnya bisa terjalin komunikasi serta membuka wahana kreativitas," katanya.

Pameran yang digelar dari 28 Oktober hingga 2 November itu rencananya akan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.