327 keluarga perantau Minang di Wamena minta pulang

id warga sumbar,kerusuhan wamena,korban wamena,korban wamena asal sumbar,korban wamena asal pesisir selatan,berita sumbar,sumbar terkini,berira padang,pa

327 keluarga perantau Minang di Wamena minta pulang

Keluarga korban kerusuhan Wamena, Papua asal Pesisir Selatan yang tinggal di Padang berharap keluarga mereka yang sedang mengungsi dapat di pulangkan ke kampung halaman (Antara/Ilan Nurbaya)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 327 Kepala Keluarga (KK) perantau Minang di Wamena, Kabupaten Jayapura berharap bisa dipulangkan ke kampung halaman karena sudah tidak memiliki usaha dan harta benda di Papua.

"327 KK ini sekitar 900-an orang. Semua sekarang menyelamatkan diri di tenda pengungsian dan berharap untuk bisa pulang ke kampung halaman," kata Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia mengatakan usai peristiwa kerusuhan para perantau sudah tidak punya tempat untuk ditinggali, padahal mereka memiliki istri dan anak yang masih kecil-kecil.

Baca juga: Empat peti Jenazah korban kerusuhan Wamena tiba di Padang

Baca juga: Delapan ambulans penjemput korban Wamena sudah tiba di BIM


Selain pendidikan anak yang terlantar, hidup di tenda pengungsian sangat berat bagi bayi dan balita. Karena itu mereka sangat berharap bisa pulang ke kampung halaman bertemu dengan sanak keluarga, tambahnya.

Zulhendri menyatakan pihaknya sudah mencoba berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar, namun karena jumlah perantau yang sangat banyak dan butuh dana sangat besar untuk kembali ke Padang.

Baca juga: Wali Nagari: Jenazah korban Wamena akan dimakamkan Jumat

Baca juga: Dua jenazah korban Wamena tiba di Bandara Minangkabau


Meski demikian ia berharap warga Minang di kampung halaman bisa ikut membantu agar seluruh perantau di Wamena bisa diungsikan ke kampung halaman.

Sebelumnya, kerusuhan di Wamena, Jayapura menelan banyak korban jiwa. Sebanyak 10 korban diantaranya berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Jenazah korban kerusuhan itu akan dipulangkan ke kampung halaman dengan bantuan Pemkab Jayapura, Pemprov Sumbar dan Pemkab Pesisir Selatan.

Diperkirakan jenazah akan sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Kamis. (*)

Baca juga: Ini jadwal kedatangan jenazah korban Wamena di BIM

Baca juga: Delapan jenazah korban Wamena asal Pesisir Selatan diangkut tiga pesawat

Baca juga: Bupati Hendrajoni sambut korban kerusuhan Wamena di BIM

Baca juga: Baznas Pesisir Selatan santuni korban insiden di Wamena

Baca juga: Jemput korban Wamena, Pemkab Pesisir Selatan siapkan delapan mobil jenazah

Baca juga: Tujuh korban tewas di Wamena merupakan dua keluarga asal Pesisir Selatan

Baca juga: Warga Pesisir Selatan yang tewas akibat kerusuhan di Wamena jadi 10 orang

Baca juga: Jenazah perantau Sumbar korban kerusuhan di Wamena akan dipulangkan Rabu sore