BHUN-Peserta SMN 2019 diminta lestarikan seni budaya

id SMN,BHUN,BUMN,Padang,Sumbar,KAI

BHUN-Peserta SMN 2019 diminta lestarikan seni budaya

Peserta SMN asal Sumbar kunjungi Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar sebelum berangkat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Antarasumbar/Agung P/19)

Padang (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumatera Barat program kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 yang akan berangkat ke Kalimantan Selatan diminta ikut terlibat dalam kegiatan pelestarian seni budaya dan promosikan wisata di Ranah Minang.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPT Taman Budaya, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar saat menerima kunjungan dan pembekalan 23 orang peserta SMN 2019 di Gedung Kebudayaan, Rabu.

"Sumbar memiliki banyak budaya dan seni, masing-masing daerah mempunyai ciri khasnya, kami meminta peserta SMN menjadi bagian penting dalam pelestarian seni budaya daerahnya," kata Muasri.

Ia menjelaskan, sebagai duta Sumbar yang akan mengikuti berbagai kegiatan di Kalsel, para siswa diminta mampu menampilkan kesenian dan budaya masing-masing daerahnya. Selain sebagai sarana promosi budaya hal tersebut juga menunjukkan jika siswa sumbar masih mencintai budaya dan seni nenek moyangnya.

Lebih lanjut, Muasri juga mengajak para siswa kembali mempelajari seni permainan anak nagari yang dulunya pernah menjadi ikon masing-masing setiap daerah kabupaten dan kota di Sumbar.

Ia mengungkapkan, Sumbar dikancah nasional sangat terkenal dengan keseniannya. dari beberapa kegiatan festival kesenian Indonesia, Sumbar selalu mendapat yang terbaik.

"Selain itu dalam forum-forum diskusi, kesenian Sumbar selalu menjadi topik pembicaraan, ini harus terus kita pertahankan untuk masa yang akan datang," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kasi pengembangan dan Kerjasama Dinas Pariwisata Sumbar, Megarina mengajak para peserta SMN menjadi duta promosi objek wisata Ranah Minang di Kalimantan Selatan.

"Promosikan potensi wisata daerah masing-masing dengan cara masing-masing, kami yakin peserta memiliki ide kreatif dalam mengenalkan daerahnya di Kalsel," katanya.

Ia mengatakan, Sumbar memiliki berbagai ragam potensi objek wisata, tentu akan lebih menarik lagi jika dikenalkan oleh para siswa yang ikut dalam program SMN ini," katanya.

Megarina juga berharap para duta Sumbar itu mampu menyampaikan pesan-pesan yang positif terhadap segala wisata yang ada di Sumbar serta membawa informasi yang baik dari Kalsel untuk bisa diimplementasik di daerahnya kelak.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar