Pelajar Padang Panjang wakili Sumbar di O2SN

id o2sn,padang panjang

Atlet renang tingkat SD asal Kota Padang Panjang Wahyu Dian Alfath(11) akan mewakili Sumbar dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Atlet renang tingkat SD asal Kota Padang Panjang Wahyu Dian Alfath(11) akan mewakili Sumatera Barat dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang digelar di Semarang 26 Agustus 2019.

Pelatih renang sekaligus ayah dari Wahyu, Nafrizal di Padang Panjang mengatakan anak didiknya itu meraih juara di seluruh nomor perlombaan yang diikuti di ajang tingkat provinsi dan berhak mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

Di antaranya yaitu juara 100 meter gaya bebas, juara 50 meter gaya dada, juara 50 meter gaya kupu-kupu, dan juara 50 meter gaya bebas.

Ia mengatakan keberhasilan Wahyu merupakan sejarah baru di Padang Padang sebagai atlet pertama tingkat SD yang mampu berlaga hingga tingkat nasional.

Saat ini putranya giat berlatih dua jam sehari mulai Senin sampai Kamis di Pemandian Lubuk Mata Kucing untuk ketahanan fisik dan kecepatan berenang.

Latihan fisik yang ia berikan untuk anaknya hanya menggunakan peralatan sederhana dibuat sendiri karena keterbatasan biaya untuk membeli peralatan yang lebih bagus.

Ia membuatkan peralatan untuk latihan kekuatan otot tangan menggunakan botol air mineral kemasan 500 mililiter diisi pasir sementara untuk kekuatan otot paha menggunakan jeriken diisi dua setengah liter air.

"Tidak ada cukup biaya untuk beli barbel. Meski sederhana, Wahyu tidak mempermasalahkan karena yang penting bisa berlatih dan kemampuannya terus terasah," ujarnya.

Usaha dan prestasi yang diraih Wahyu diharapkan mendapatkan perhatian dari pemerintah dan anggota dewan yang baru saja dilantik pada 13 Agustus 2019.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar