Sulaman kapalo samek andalan Tanah Datar di HKG-PKK 2019

id sulaman kapalo samek,HKG-PKK Nasional,Sulaman Tanah Datar

Sulaman kapalo samek andalan Tanah Datar di HKG-PKK 2019

Stan Kabupaten Tanah Datar di HKG-PKK tingkat nasional di Kota Padang, Sumatera Barat. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Batusangkar,  (ANTARA) - Sulaman kapalo samek menjadi andalan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-47 tingkat nasional yang dilaksanakan di Kota Padang.

"Sulaman kapalo samek dari Nagari Situmbuak menjadi produk unggulan kita saat ini, yang kita perkenalkan pada pengunjung di samping produk makanan," kata Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan jahitan sulaman kapalo samek juga banyak diminati oleh tamu dari luar Sumatera Barat dengan mengunjungi stan Tanah Datar. Bahkan ada tamu yang memborong sulaman produksi dari UP2K PKK Nagari Situmbuak itu.

"Tidak saja diminati, ada TP PKK dari Bali mengaku ingin belajar kepada Tanah Datar cara membuat sulaman kapalo samek itu," ujarnya.

Sulaman kapalo samek Nagari Situmbuak sebelumnya juga pernah dinilai pada lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat nasional.

Motif sulamannya cukup unik dan tidak ada di daerah lain. Sulaman itu juga diproduksi dalam bentuk baju kurung, kebaya, jilbab, tudung saji, tempat tisu, alas meja, dan bentuk lainnya.

Sementara Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, mengatakan HKG PKK tingkat nasional merupakan kesempatan bagi Tanah Datar dalam mempromosikan produk unggulan daerah.

Ia bertekad ke depannya akan berupaya memberikan pendampingan pada pelaku IKM dan UP2K PKK untuk terus meningkatkan kualitas produk hingga memiliki daya saing.

"Ke depannya kita akan berupaya memberikan pendampingan kepada pengusaha IKM agar memiliki daya saing," ujarnya. (*)