Pena Simamat, pelayanan setiap malam jumat

id Pena Simamat,Kelurahan Kapalo Koto Dibalai,Kota Payakumbuh

Pena Simamat, pelayanan setiap malam jumat

Lurah Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara Chandra Januardi. (Antara/Istimewa)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh utara, Kota Payakumbuh melahirkan inovasi baru dengan membuka pelayanan bagi masyarakat pada malam hari.

Lurah Kapalo Koto Dibalai Chandra Januardi di Payakumbuh mengatakan inovasi untuk pelayanan publik tersebut diberikan nama Pelayanan Setiap Malam Jum'at atau Pena Simamat.

Inovasi tersebut lahir atas dasar beragamnya profesi warga di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai yang tidak sempat mengurus urusan administrasi ke kelurahan pada siang hari.

"Untuk itu, kami membuka pelayanan pada malam hari, satu kali dalam seminggu yang dibuka setiap malam Jumat," katanya.

Ia mengatakan inovasi tersebut juga menjawab tantangan Walikota Payakumbuh bahwa setiap Organisaai Perangkat Daerah (OPD) melahirkan inovasi layanan publik hingga di kelurahan.

Ia mengaku inovasi layanan itu masih dalam masa uji coba dan telah diperkenalkan kepada masyarakat setempat pada 24 Oktober lalu.

Untuk pelayanan yang diterima tidak jauh beda dengan pelayanan pada siang hari, seperti layanan administrasi kependudukan, layanan pertanahan, pengaduan serta layanan lainnya.

Kendayi demikian, kalau pelayanan Pena Simamat belum mencukupi kehendak warga pihaknya akan menambah pelayanan inovasi lainnya.