Pesisir Selatan lanjutkan pemasangan batu penahan ombak di Pantai Kambang

id Batu penahan ombak

Pesisir Selatan lanjutkan pemasangan batu penahan ombak di Pantai Kambang

Alat berat bekerja melakukan pemasangan batu penahan ombak di Pantai Kambang, Kecamatan Lengayang Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni menyatakan tahun ini pemasangan batu penahan ombak di pantai Kambang, Kecamatan Lengayang dilanjutkan sebagai upaya meminimalkan dampak abrasi pantai di daerah itu.

"Pemasangan batu penahanan ombak di lokasi itu telah dilaksanakan, dan tahun dilanjutkan dengan anggaran Rp1,9 miliar dari pemerintah pusat," kata Bupati Hendrajoni di Painan, Selasa.

Ia menambahkan dengan anggaran sebesar itu sekitar 70 meter bibir pantai akan aman dari abrasi pantai.

"Pemasangan batu penahan ombak sangat dibutuhkan mengingat garis pantai di Pesisir Selatan mencapai 234 kilometer, dan kami mengupayakan pembangunannya bisa dilakukan bertahap," sebutnya.

Tahun ini selain ada kegiatan pemasangan batu penahan ombak di pantai Kambang juga ada pelaksanaan kegiatan pembangunan batu penahan ombak di pantai Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Pemasangan batu penahan ombak di pantai Nagari Muara Kandis menelan anggaran Rp7,9 miliar, sesuai kontrak kerja pembangunan batu penahan ombak sepanjang 400 meter tersebut tuntas selama 240 hari kerja.

Sebelumnya Kepala Balai Sungai Wilayah Sumatera V Maryadi Utama menyebutkan pemasangan batu penahan ombak akan tetap dilanjutkan di Pesisir Selatan untuk beberapa tahun ke depan.

"Program ini akan berlanjut karena selain memiliki garis pantai yang panjang, di Pesisir Selatan juga terdapat banyak kawasan yang kritis akibat abrasi pantai," ujarnya. (*)