Hari ini pencarian korban kecelakaan mobil diperluas hingga Taram, begini strateginya

id Innova masuk jurang

Upaya pencarian korban hilang pada Selasa(11/6) oleh tim SAR gabungan akibat kecelakaan di wilayah PLTA Batang Agam. (ist)

Bukittinggi, (ANTARA) - Pencarian korban kecelakaan mobil Innova yang jatuh ke jurang di wilayah PLTA Batang Agam, Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali dilanjutkan dan akan dilakukan hingga wilayah Taram, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Pagi ini pencarian hari kelima dimulai dari lokasi jatuhnya mobil menuju Jembatan Ratapan Ibu di Payakumbuh hingga aliran sungai di wilayah Taram di Kabupaten Limapuluh Kota," kata Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra dihubungi dari Bukittinggi, Kamis.

Ia memperkirakan jarak pencarian dari titik jatuh mobil melalui aliran sungai yang berliku hingga wilayah Taram sekitar 30 kilometer.

Dalam standar operasional prosedur (SOP) pencarian korban yang hilang karena musibah akan dilakukan selama tujuh hari.

"SOP kami tujuh hari, jika setelah itu masih belum ada tanda-tanda maka operasi pencarian dihentikan dilanjutkan dengan pantauan. Nanti setelah tujuh hari tim akan 'briefing' namun kami berharap dan upayakan hari ini membuahkan hasil," jelasnya.

Pencarian hari ke lima dilakukan dengan membentuk lima tim dan kondisi cuaca di sekitar lokasi pencarian pagi ini masih mendung.

"Mudah-mudahan sepanjang hari ini cuaca mendukung sehingga pencarian bisa berjalan lancar," ujarnya.

Sementara pada pencarian hari keempat, Rabu (12/6) telah dilakukan pencarian dengan melakukan penyisiran sampai ke beberapa titik dari lokasi mobil jatuh.

Lokasi-lokasi yang telah dilakukan penyisiran yaitu area Jembatan Ibuah, area penyisiran darat Jembatan Ibuah ke Jembatan Barulak, area penyisiran darat di lokasi jatuh mobil ke Jembatan Barulak, area pemantauan di Jembatan Barulak sampai Jembatan Ibuah serta area penyisiran darat dan air dari PLTA Batang Agam sampai Jembatan Barulak.

Pencarian melibatkan berbagai unsur seperti Basarnas, BPBD dari Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota, TNI/Polri, PMI serta komunitas dan organisasi lainnya.

Sebelumnya kecelakaan tunggal terjadi di wilayah PLTA Batang Agam, mobil Innova bernomor polisi BA 1751 BP jatuh ke jurang sedalam sekitar 30 meter pada Minggu(9/6) malam.

Kecelakaan tersebut menyebabkan tujuh orang luka berat dan luka ringan, satu orang meninggal dunia, satu orang hilang lalu ditemukan pada Selasa(11/6) dalam keadaan meninggal dunia dan satu orang hilang yang masih dalam pencarian hingga Kamis(13/6) pagi.

Korban terakhir atas nama Deva berusia enam tahun diketahui mengenakan pakaian berwarna biru tua saat kecelakaan. (*)

Baca juga: Innova masuk jurang sedalam 100 meter di Batang Agam, dua korban masih hilang

Baca juga: BPBD kerahkan puluhan personel cari korban Innova masuk jurang di Batang Agam

Baca juga: Basarnas bentuk tiga tim cari dua korban Innova masuk jurang di Batang Agam

Baca juga: Ternyata inilah penyebab kecelakaan tunggal Innova masuk jurang di Batang Agam

Baca juga: Tim kesulitan cari korban Innova masuk jurang

Baca juga: Pencarian korban Innova masuk jurang di Batang Agam dilanjutkan pagi ini

Baca juga: Satu korban kecelakaan mobil masuk jurang di Batang Agam ditemukan meninggal

Baca juga: Hari ini pencarian korban kecelakaan mobil diperluas hingga Taram, begini strateginya


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar