Pemkot Solok berikan makanan tambahan dan vitamin kepada 676 siswa

id Ria Rusdianto,solok,PMT-AS

Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ria Rusdianto memberikan makanan tambahan kepada siswa SDN 18 Sinapa Piliang, Kota Solok, Selasa (30/4). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada 676 siswa dari enam Sekolah Dasar (SD) di daerah setempat melalui program PMT-AS 2019.

"Untuk program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) 2019 tersedia dana sebesar Rp255,5 juta dengan nilai Rp3.500 per anak, atau sebanyak 108 kali selama setahun," kata Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto di Solok, Selasa.

Ia menjelaskan pemberian makanan tambahan dan vitamin ini dilakukan agar gizi anak terpenuhi guna tercapainya generasi cerdas, sehat, dan sejahtera.

Dengan PMT-AS ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan fisik dan kecukupan asupan gizi siswa sekolah, kemudian menjadi pengenalan keamanan pangan kepada anak sejak dini.

Pencanangan PMT-AS tahun ini mengangkat tema "gizi seimbang, prestasi gemilang dan cegah stunting" dilaksanakan dengan sasaran sekolah secara bergilir untuk pemerataan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan siswa.

Sementara Ketua Pelaksana PMT-AS 2019 Ambun Kadri mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan pangan lokal dalam penenuhangizi anak.

"Masyarakat juga harus menyadari pentingnya perbaikan gizi peserta didik, produksi pertanian, pendapatan masyarakat dan keluarga," sebutnya.

Wakil Ketua TP-PKKKota Solok Elfia Reinier menyebutkan PMT-AS daerah itu diharapkan masuk nominasi dalam penilaian sekolah terbaik pelaksanaan PMT-AS tingkat nasional, dan lomba cipta menu kudapan PMT-AS 2019.

"Mari ciptakan gizi yang berkualitas bagi anak-anak di Kota Solok," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar