Pembangunan masjid istiqomah dimulai, Bupati letakkan batu pertama

id Masjid

Bupati Pasaman  Yusuf Lubis meletakan batu pertama masjid istiqomah, turut hadir staf ahli Bupati Hermanto, sejumlah Kepala OPD, Camat Padanggelugur Dedi, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pasaman, Asrul Yamin, Tokoh Masyarakat Bangun Raya, Ahmad Zubeir, serta ratusan warga setempat.  (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Pembangunan Masjid Istiqomah Bangun Raya, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman resmi dimulai yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pasaman.

Acara juga dirangkai dengan kegiatan tablig akbar dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan 1440 Hijiriah, Selasa.Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Buya Syafrizal tampil sebagai penceramah.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis, staf ahli Bupati Hermanto, sejumlah Kepala OPD, Camat Padanggelugur Dedi, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pasaman, Asrul Yamin, Tokoh Masyarakat Bangun Raya, Ahmad Zubeir, serta ratusan warga setempat.

Ketua Pembangunan Masjid Arif Ramli mengatakan, memiliki masjid yang refresentatif sudah lama didambakan oleh masyarakat Bangun Raya.

Namun, kata dia, baru hari ini harapan itu dapat terlaksana dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Pasaman.

"Bangunan lama, sudah tidak mampu menampung jemaah masjid yang kian banyak. Khususnya dalam pelaksanaan salat tarwih, Idul Fitri, idul adha dan kegiatan keagamaan lainnya. Masjid baru ini adalah dambaan warga di kampung ini," katanya.

Untuk pembangunan masjid tersebut, kata Arif, dibutuhkan dana sebesar Rp3 miliar lebih. Bangunan masjid, nantinya, memiliki dua menara disisi kiri dan kanan masjid. Sementara luas bangunan masjid mencapai 340 meter persegi.

"Besaran dana yang sudah terkumpul dari iuran warga baru sebesar Rp450 juta. Ini adalah dana dasar. Dana ini terkumpul dari iuran masyarakat di Bangun Raya,Rp120 ribu per tahun, dari total 160 kepala keluarga," kata Arif.

Masyarakat, kata dia, sudah melakukan penggalian pondasi pembangunan masjid itu secara gotong royong, beberapa hari lalu dengan harapan pembangunan masjid itu dapat segera terlaksana.

"Harapannya semakin banyak donatur agar pembangunan masjid ini cepat terlaksana sehingga tidak menjadi prasasti. Harapan kami juga pak Bupati dapat membantu untuk pembangunan masjid ini," katanya.

Sementara Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengharapakan dengan terbangunnya mesjid tersebut nanti, semua masyarakat dapat menikmati manfaatnya secara bersama-sama. Masyarakat pun diharapkan dapat memakmurkan masjid yang diberi nama masjid Istiqomah itu.

"Saya harap kepada masyarakat di kampung ini, marilah kita makmurkan mesjid ini secara bersama-sama. Jangan hanya pada saat acara ini saja tapi setelah ini juga saya harap bisa meramaikan mesjid," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar