Talawi Akan Menjadi Daerah Wisata Edukasi

id talawi

Danau Biru di Talawi Sawahlunto (Antara Sumbar/Taufan Razzak)

Sawahlunto (Antaranews Sumbar) - Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto akan menjadi kota wisata edukasi yang akan menawarkan paket wisata mengunjungi Danau Biru, mengelilingi nagari hingga ziarah ke makam pejuang M Yamin.

"Salah satu objek wisata yang ada di kecamatan Talawi yang menarik adalah objek wisata Danau biru," kata Camat Talawi Asril Hasan di Sawahlunto , Minggu pada kegiatan jelajah nagari Talawi bersama beberapa jurnalis yang ada di Kota Sawahlunto.

Kegiatan jelajah tersebut dilaksanakan karena objek wisata yang ada di kecamatan talawi pengunjungnya cenderung berkurang terus menerus dan setelah di lihat dilapangan ada beberapa masalah yang ditemukan.

Menyikapi hal itu Camat Talawi berniat untuk menyiapkan sebuah even, yaitu Jelajah Nagari yang akan dikemas dalam sebuah paket wisata.

Ia mengakui untuk menuju lokasi Danau Biru jalanya tidak mendukung oleh sebab itu perlu ada inovasi seperti mengadakan angkutan sewa menuju ke lokasi danau, seperti menyewakan mobil penggerak ganda dan sewa motor jenis trail agar wisatawan tidak kesulitan dengan akses jalan yang ada saat ini.

Tidak itu saja Danau Biru ini sekaligus menjadi wisata Edukasi, jalan yang menuju ke Danau Biru banyak Tambang Batu Bara Terbuka, sehingga para wisatawan bisa meliha tproduksi batu bara .

Untuk itu pihak kecamatan Talawi akan bekerja sama dengan perusahaan batu bara yang ada di lokasi menuju Danau Biru.

Paket Tour Jelajah Talawi juga akan membawa wisatawan mengelilingi nagari yang ada di kecamatan Talawi guna menikmati pemandangan yang indah dan terakhir wistawan akan berkunjung ke makam M.Yamin salah satu pejuang yang berasal dari Talawi.

Untuk kenyamanan wisatawan Camat Talawi meminta masyarakat ikut andil d dengan meningkatkan keramah tamahan terhadap wisatawan dan menindak pungli yang mengakibatkan wisatawan tidak nyaman.

"Dengan adanya inovasi seperti ini saya yakin kunjungan wisata akan meningkat," ujar dia. (

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar