2019, ini target inovasi Sumbar

id kepala balitbang,inovasi sumbar

2019, ini target inovasi Sumbar

Kepala Balitbang Sumbar Reti Wafda (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan 256 inovasi bisa diaplikasikan untuk meningkatkan efesiensi dan kinerja aparatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu pada 2019.

"Dari 256 itu, 65 diantaranya sudah bisa diaplikasikan. Kita targetkan yang sekarang belum, bisa diaplikasikan tahun ini," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumbar, Reti Wafda di Padang, Jumat.

Menurutnya 65 inovasi tersebut mengantarkan Sumbar meraih peringkat tiga terbaik nasional untuk bidang inovasi pemerintahan pada 2018 di bawah Jawa Timur dan Jawa Barat.

Menurutnya , persaingan pada 2019 akan semakin ketat karena semua daerah sudah memahami kendala dalam penilaian inovasi tersebut.

Sebelumnya tidak semua daerah yang mengetahui ada 21 indikator dalam penilaian inovasi daerah diantaranya kelengkapan bahan administrasi pendukung sehingga banyak inovasi yang didaftarkan tidak mendapatkan nilai baik.

Ke depan, seluruh OPD di Sumbar akan dibekali dengan pemahaman tentang indikator yang harus dipenuhi sehingga inovasi yang dilakukan pendapatkan porsi penilaian yang tepat.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan inovasi adalah keniscayaan bagi pemerintah daerah agar kerja lebih efisien, efektif, tepat mengena, mudah, murah dan cepat.

Misalnya inovasi di bidang perizinan yang dulu biasanya prosesnya cukup lama sekarang bisa hanya dalam satu hari selesai.

Inovasi itu juga akan menjadikan pelayanan publik bagi masyarakat bisa semakin baik.

"Inovasi itu wajib karena tanpa itu kita akan ketinggalan zaman," katanya. (*)