Kota Sawahlunto kembali meraih penghargaan Piala Adipura 2018

id Sawahlunto terima Adipura,Adipura 2018

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyerahkan piala Adipura kepada Kepala badan Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan hidup  (DKP2LH ) Adrius putra. (ANTARA SUMBAR/Taufan Razzak)

Sawahlunto (Antaranews Sumbar) - Kota Sawahlunto kembali meraih penghargaan Piala Adipura 2018. Penghargaan itu merupakan kali keduanya bagi Kota Arang itu setelah sebelumnya menerimanya pada 2017.

Penyambutan kedatangan Adipura pada Selasa digelar di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyerahkan piala Adipura kepada Kepala badan Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan hidup (DKP2LH ) Adrius putra dan kemudian diserahkan kepada "pasukan kuning" dengan personel seratus orang.

Keberhasilan meraih Adipura 2018 disambut meriah dan sukacita oleh seluruh jajaran pemerintahan beserta masyarakat Kota Sawahlunto.

Deri Asta menyampaikan keberhasilan Sawahlunto mempertahankan Piala Adipura ini, adalah keberhasilan bersama dengan masyarakat Kota.

Kebersihan Sawahlunto yang terjaga dan lingkungan yang asri sesuai pantauan tim penilai tentunya adalah berkat dukungan dari seluruh masyarakat, katanya.

"Ini kolaborasi yang baik. Dari Pemkot dikomandoi oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DKP2LH) terutama para pasukan kuning kita, para ujung tombak penjaga kebersihan, ujung tombak yang mengamankan sampah agar tidak berserakan di lingkungan," ujarnya.

Upaya dari pemerintah itu, imbuhnya, disambut dan didukung oleh masyarakat yang sudah sadar kebersihan, seperti membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

"Kolaborasi inilah yang menjadi landasan kita sampai berhasil memperoleh Piala Adipura," katanya.

"Adipura ini prestasi dan kado bagi kita bersama, semua masyarakat Sawahlunto. Kebersihan dan keasrian lingkungan ini kan semuanya juga berkat kontribusi masyarakat. Ada sinergi yang baik antara Pemko dan warga," tambahnya.

Untuk mempertahankan keberhasilan Kota Sawahlunto memperoleh Piala Adipura 2018, pemerintah kota setempat terus menyiapkan sejumlah program utamanya menjaga kebersihan dan kenyamanan kota wisata tambang tersebut.

Secara prinsip, ungkapnya kebersihan tersebut bergantung pada pola atau budaya masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungannya. "Namun tentunya, Pemko juga memegang peran dan fungsi yang penting," katanya.

Piala Adipura 2018 itu diserahkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla kepada Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Senin (14/01) di Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Jakarta. Saat penyerahan, Wapres Jusuf Kalla juga didampingi Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, Siti Nurbaya.

Wali kota Sawahlunto beserta "Pasukan Kuning" mengarak Piala Adipura dengan mobil terbuka ke seluruh kecamatan yang ada di kota itu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar