Padang Pariaman bakal tambah 1.500 buku koleksi perpustakaan

id DAK buku,Dinas Kearsipan dan Perputakaan

Sejumlah anak sedang membaca buku saat Dinas Kersipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman menjalan Perpustakaan Keliling pada Sabermas. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat memperoleh dana alokasi khusus (DAK) untuk pengadaan buku dan komputer perpustakaan senilai Rp200 juta pada 2019.

"DAK untuk perpustakaan tersebut terbilang baru, dan alhamdulillah tahun ini kita mendapatkannya," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman, Hendri Satria di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk membeli 1.500 buku dalam melengkapi koleksi buku di perpustakaan daerah itu dan pengadaan komputer multimedia.

Ia merincikan besaran dana untuk membeli buku tersebut yaitu Rp150 juta sedangkan untuk komputer multimedia yaitu Rp50 juta.

Ia menyampaikan dengan adanya penambahan buku dari DAK tersebut maka jumlah koleksi buku di perpustakaan itu mencapai 12.500 buku.

Buku-buku tersebut tidak saja diletakkan di perpustakaan daerah itu namun juga di bawa ke sekolah dan masyarakat melalui mobil Perpustakaan Keliling.

"Tujuannya untuk mendekatkan akses baca kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan pengadaan komputer multimedia di perpustakaan daerah itu karena saat ini sumber bacaan juga dapat diakses melalui internet.

"Selama ini orang yang tahu buku berbentuk fisik, padahal sudah berkembang menjadi i-book," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini di perpustakaan daerah itu telah tersedia jaringan internet gratis hasil kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Pariaman.

Dengan adanya komputer yang terhubung dengan internet maka pengunjung perpustakaan daerah itu dapat mengakses buku dalam jaringan tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar