Pesisir Selatan targetkan sembilan pasar semi modern selesai tahun ini

id pasar semi moderen,pesisir selatan

Pesisir Selatan targetkan sembilan pasar semi modern selesai tahun ini

Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan sembilan pasar semi modern yang dibangun di daerah setempat selesai pembangunannya akhir 2018.

"Dari delapan pasar yang dibangun dua unit diantaranya telah selesai dikerjakan yakni Pasar Balai Salasa dan Pasar Lumpo," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Azral di Painan, Rabu.

Sementara yang lainnya, tambah dia, ada yang telah selesai 85 persen dan 95 persen. Terkait hal itu pihaknya telah membuka komunikasi dengan kontraktor.

"Kami telah mewanti-wanti agar kontraktor menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang ditentukan," sebutnya.

Kesembilan pasar yang dibangun tahun ini ialah Pasar Lunang di Kecamatan Lunang, Pasar Tapan di Kecamatan Basa IV Balai Tapan, Pasar Muara Sakai di Kecamatan Indrapura.

Selanjutnya Pasar Balai Salasa dan Pasar Labuhan di Kecamatan Ranah Pesisir, Pasar Cupak di Kecamatan Lengayang, Pasar Batang Kapas di Kecamatan Batang Kapas, Pasar Lumpo di Kecamatan IV Jurai dan Pasar Carocok Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Biaya pembangunan pasar-pasar bervariasi mulai dari yang terkecil Rp500 juta hingga yang paling besar Rp5 miliar.

Ia melanjutkan, khusus Pasar Tapan, Mandeh, Balai Salasa dan Batang Kapas meski pembangunan ditarget selesai akhir tahun namun pada 2019 pembangunannya kembali dilanjutkan.

"Khusus ke empat pasar itu pembangunannya masih akan dilanjutkan, seperti pembuatan kios pedagang, dan bangunan pendukung lainnya," katanya lagi.

Dengan adanya pembangunan pasar semi modern diharapkan para pedagang dan pembeli nyaman selama bertransaksi karena tidak ada lagi becek ketika musim hujan, bau sampah yang menyengat dan lainnya. (*)