Dua pasar semi modern di Pesisir Selatan segera beroperasi

id pasar semi modern

Dua pasar semi modern di Pesisir Selatan segera beroperasi

Pasar Kambang di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan yang merupakan salah satu pasar semi modern dibangun pada 2017. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat segera mengoperasikan dua pasar semi modern di daerah itu yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp8 miliar lebih.

"Pembangunan kedua pasar, yakni Pasar Kambang di Kecamatan Lengayang dan Pasar Koto Berapak di Kecamatan Bayang, dianggarkan pada 2017 dan dalam waktu dekat keduanya akan dioperasikan," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, Azral di Painan, Selasa.

Pasar Kambang dianggarkan Rp5,8 miliar dan Pasar Koto Berapak dengan anggaran Rp2,7 miliar.

"Sebenarnya terdapat empat pasar yang dibangun pada 2017 namun khusus Pasar Painan bangunannya langsung digunakan, sementara Pasar Tapan pembangunannya kembali dilanjutkan tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Sembilan lagi pasar semi modern akan dibangun di Pesisir Selatan

Pembangunan pasar semi modern merupakan salah satu fokus daerah setempat dengan harapan pasar-pasar di daerah itu khususnya pasar kecamatan menjadi nyaman dikunjungi baik oleh pedagang ataupun pembeli.

"Jika hujan tidak kebanjiran dan becek-becekan serta ketika matahari sedang terik pedagang ataupun penjual tidak kepanasan," katanya.

Sebelumnya, Bupati setempat, Hendrajoni menginginkan agar pedagang di pasar-pasar yang telah dibangun secepatnya menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Situasi tersebut, ujarnya, diharapkan menjadikan kondisi pasar lebih tertata dan tertib, terutama bagi pedagang yang sebelumnya memanfaatkan bahu jalan dan trotoar untuk berjualan sehingga aktivitas mereka tidak lagi mengganggu khalayak ramai.

Pada 2018, pemerintah setempat juga membangun sembilan pasar semi modern pada delapan kecamatan di daerah itu.

Pasar yang akan dibangun ialah Pasar Lunang di Kecamatan Lunang, Pasar Tapan di Kecamatan Basa IV Balai Tapan, Pasar Muara Sakai di Kecamatan Indrapura.

Selanjutnya, Pasar Balai Salasa dan Pasar Labuhan di Kecamatan Ranah Pesisir, Pasar Cupak di Kecamatan Lengayang, Pasar Batang Kapas di Kecamatan Batang Kapas, Pasar Lumpo di Kecamatan IV Jurai dan Pasar Carocok Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Biaya pembangunan pasar-pasar tersebut bervariasi mulai dari yang terkecil Rp500 juta hingga yang paling besar Rp5 miliar.