Hujan deras dan angin kencang diprediksi landa Lampung

id Prediksi Cuaca Lampung,Hujan deras,Angin kencang,BMKG Lampung

Hujan deras dan angin kencang diprediksi landa Lampung

Awan hitam menyelimuti kawasan Kota Yogyakarta, Jumat (9/11/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia yang terjadi akibat melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia serta terbentuknya area pertemuan angin di wilayah Jawa dan masih adanya pola sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Perairan Barat Sumatera, Kalimantan dan Perairan Kep. Natuna. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.

Bandarlampung, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan kondisi cuaca buruk potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang diperkirakan pada sejumlah wilayah di rovinsi Lampung pada Minggu hingga Senin (12/11) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis Tim Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Minggu, kewaspadaan potensi hujan deras disertai kilat atau petir dan dapat disertai angin kencang diperkirakan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus pada siang, sore, dan malam hari.

BMKG menyatakan, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui WhatsApp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website http://www.stametlampung.com.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 11 November 2018, pukul 07.00 WIB sampai dengan 12 November 2018 pukul 07.00 WIB, menyatakan, angin secara umum bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 3-15 knots. Jarak pandang berkisar antara 4-10 KM.

Suhu udara secara umum berkisar antara 23-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian Barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 58-97 persen, kecuali Lampung bagian Barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 67-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diperkirakan berawan, dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Kota Bandarlampung, dan Kabupaten Tanggamus.

Siang hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Malam hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Sedangkan, Senin (12/11) dini hari diprakirakan hujan di wilayah Tanggamus dan Lampung Selatan. (*)