Ratusan penumpang Lion Air yang sempat delay akhirnya diberangkatkan

id Lion Air

Ratusan penumpang Lion Air yang sempat delay akhirnya diberangkatkan

Ratusan penumpang Lion Air dengan nomor penerbangan JT 310 mengalami keterlambatan hingga tujuh jam di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (1/11). (Istimewa) (Istimewa/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ratusan penumpang Lion Air yang mengalami "delay" atau keterlambatan penerbangan selama 10 jam di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat akhirnya diberangkatkan menuju Bandara Kualanamu Medan.

Salah seorang penumpang Mardefnil Zainil melalui aplikasi pesan dari Padang Pariaman, Kamis mengatakan dirinya bersama penumpang lainnya telah diperbolehkan memasuki pesawat sekitar pukul 19.45 WIB.

Dirinya juga membagikan beberapa foto dan video saat penumpang memasuki pesawat berlogo singa tersebut.

Dalam video yang dibagikan dirinya mengatakan setelah delay selama 10 jam akhirnya berangkat juga, semoga selamat sampai di Medan. Video sepanjang satu menit 21 detik itu dikirimkannya untuk memberitahukan dirinya dan penumpang telah sampai di dalam pesawat setelah menunggu hingga 10 jam.

Sementara General Manajer Angkasa Pura II Cabang BIM Dwi Ananda Wicaksana mengatakan ratusan penumpang tersebut akhirnya diberangkatkan dengan pesawat Lion Air JT 354.

Awalnya mereka akan diberangkatkan dengan pesawat JT 229 dengan rute Batam menuju Padang, namun penerbangan itu dialihkan menuju Kualanamu karena cuaca buruk sehingga waktu keterlambatan mereka akan bertambah.

Akhirnya seluruh penumpang diangkut menggunakan pesawat Lion Air JT 354 untuk mengurangi dampak keterlambatan. Sementara pesawat JT 130 yanga awalnya akan memberangkatkan mereka masih dalam perbaikan mesin.

Selain itu dirinya mengatakan tidak ada penumpang yang mengamuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) karena keterlambatan ini.

Menurut dia lamanya waktu keterlambatan membuat penumpang tidak sabar menghadapi manajemen Lion Air yang dianggap kurang peduli.

Pihak Lion Air sendiri telah memenuhi ketentuan Permenhub nomor 89 terkait penanganan keterlambatan penerbangan mulai dari pemberian makanan kecil, minuman, makanan berat dan pemberian uang tunai sebesar Rp300 ribu.

Sebelumnya pesawat Lion Air JT 130 awalnya akan mengangkut penumpang dari BIM menuju Kualanamu. Pesawat itu direncanakan berangkat pukul 10. 40 WIB, namun penerbangan tersebut mengalami keterlambatan hingga tujuh jam lebih karena kerusakan mesin.

Ia mengatakan dari pihak Lion menyebutkan bahwa pesawat itu mengalami getaran yang tidak wajar dari mesin. Kondisi tersebut memaksa maskapai melakukan penundaan penerbangan dan melakukan perbaikan.

Maskapai berlogo singa tersebut terpaksa melakukan penundaan karena pesawat tersebut mengalami kerusakan.***3***