Setelah Medan, pawai obor APG hari ini di Pangkalpinang

id Asia Para Games,Obor Asia Para Games,Pangkalpinang

Setelah Medan, pawai obor APG hari ini di Pangkalpinang

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kiri) didampingi Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Sabrar Fadhilah (kanan) dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto (kedua kiri) memegang obor ketika pawai obor Asian Para Games 2018 di Medan, Sumatra Utara, Minggu (23/9). Medan menjadi kota keenam dari delapan kota tempat penyelenggaraan pawai obor Asian Para Games 2018. Pawai obor Asian Para Games 2018 akan berakhir di Jkaarta pada 30 September mendatang. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/kye/18)

Pangkalpinang, (Antaranews Sumbar) - Obor Asian Para Games 2018 akan melintasi Kota Pangkalpinang tepatnya dimulai dari jembatan emas yang menjadi salah satu ikon pariwisata Babel hingga Alun Alun Taman Merdeka yang menjadi salah satu pusat rekreasi masyarakat di daerah itu.

"Kita mengajak masyarakat untuk menyaksikan pawai obor ini, sebagai wujud memeriahkan dan menyukseskan Asian Para Games 2018," kata Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel, Ferdiyan Loebis, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, hari ini obor Asian Para Games akan tiba di jembatan emas sekitar pukul 7.00 pagi, dan akan dilakukan serah terima obor dari Asian Para Games Organizing Commitee (Inapgoc) yang menunggu di seberang jembatan. Saat jembatan tertutup, obor diserahkan kepada Gubernur Babel dan akan dilakukan serangkaian upacara serah terima di atas jembatan emas.

Tepat pukul 7.45 Wib, obor Asian Para Games akan diarak dari jembatan emas menuju kelenteng di perempatan lampu merah semabung dengan kendaraan hias, yang selanjutnya dibawa secara estafet menuju Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.

"Obor dari Medan ini langsung dibawa oleh Ketum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, diserahkan kepada Gubernur Babel. Selanjutnya obor dibawa Gubernur dengan parade kendaraan dari jembatan menuju titik pos kedua, yakni kelenteng di perempatan lampu merah semabung, melewati jalan Alexander, dan ke arah Semabung," ujarnya.

Di pos kedua, obor yang dibawa Gubernur akan diserahkan kepada Juara 2 Asean Para Games 1 di Kuala Lumpur, juara 3 di peparnas 2012 Riau (cabor angkat berat dan tennis meja, atletik), Ketua NPC Babel, Andi takdir, yang selanjutnya akan dibawa berjalan menuju ke alun-alun.

Secara bergantian sebelum tiba di alun-alun obor akan dibawa oleh orang-orang berbeda, dari Pangdam II Sriwijaya, selanjutnya Kapolda Babel, Kepala Kejaksaan Tinggi Babel, Wakil Gubernur Babel dan atlet peraih 2 emas dan 1 perak di Peparnas 2016, Duta obor, Asisten Deputi Keolahragaan, Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Anggota komisi X DPR RI, atlet peraih 3 emas APG 2011, Kepala Kejaksaan Agung RI dan Walikota Pangkalpinang.

"Pawai obor Asian Para Games akan diiringi barongsai, pembawa bendera, parade mobil Jeep, MW dan kendaraan hias lainnya yang akan mengawal obor hingga ke pos kedua. Estafet ini menempuh perjalanan sekitar 2-3 Km, menuju alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang," ujarnya.

Ia menambahkan, sore harinya, obor ini akan diserahkan kembali kepada Inapgoc, yang selanjutnya akan membawa obor menuju Jakarta, untuk gelaran pembukaan Asian Para Games pada 6 Oktober 2018.

"Ini suatu kebanggaan bagi kita bisa dilewati obor asian para games, bahkan ini yang pertama dan diharapkan semua masyarakat bisa hadir, menyaksikan perjalanan obor ini," ujarnya. (*)