Diiringi takbir dan azan warga lepas 296 jamaah calon haji Payakumbuh

id lepas calon haji

Diiringi takbir dan azan warga lepas 296 jamaah calon haji Payakumbuh

Ribuan warga lepas jamaah calon haji. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Kami doakan semua yang berangkat mendapatkan haji yang mabrur dan doakan juga kebaikan bagi Kota Payakumbuh
Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Ribuan warga Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, melepas sebanyak 296 calon jamaah haji asal daerah setempat menuju Embarkasi Padang, Kamis.

Prosesi pelepasan calon jamaah haji dilakukan di Gelanggang Olaharaga Kubu Gadang Payakumbuh, diiringi dengan teriakan takbir dan lantunan azan.

Calon jamaah haji asal Kota Payakumbuh tergabung dalam kloter sepuluh Embarkasi Padang yang dijadwalkan bertolak menuju Madinah melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Jumat (27/7) pukul 06.00 WIB.

Dalam pelepasan tersebut, Sekretaris Daerah Payakumbuh Benni Warlis berpesan agar jamaah fokus menjalankan ibadah tanpa harus memikirkan apa yang ditinggalkan di kampung halaman.

"Bapak ibu adalah orang-orang istimewa yang dipanggil tahun ini menjadi tamu Allah. Fokuslah beribadah, tinggalkan semua fikiran tentang kampung," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar jamaah mempersiapkan fisik dan mental selama mengerjakan ibadah haji dan menyarankan untuk memprioritaskan rukun dan wajib haji setelah itu baru ibadah sunat.

Hal tersebut diingatkan Sekda karena calon jamaah haji Kota Payakumbuh merupakan pemberangkatan gelombang satu dimana ke Kota Madinah dulu baru ke Mekkah.

"Semoga fisik dan mental semua yang berangkat hari ini terjaga dan menyelesaikan seluruh rangkaian rukun haji dengan lancar," kata dia.

Benni berharap jamaah juga mendoakan keluarga dan masyarakat kota payakumbuh secara umum saat ditanah suci.

"Kami doakan semua yang berangkat mendapatkan haji yang mabrur dan doakan juga kebaikan bagi Kota Payakumbuh," tambahnya. (*)