11 puskesmas di Dharmasraya buka 24 jam selama lebaran

id Rahmadian

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Rahmadian. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Tidak ada cuti. Kami menerapkan sistem bergiliran sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak akan terganggu selama liburan Lebaran
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyebutkan 11 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah itu, buka selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama liburan Lebaran 2018.

"Dari 14 Puskemas 11 buka 24 jam, kecuali Puskesmas Gunung Medan, Puskesmas Beringin Sakti, dan Puskemas Tiumang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Jumat.

Ia menjelaskan 11 Puskesmas yang buka 24 jam, yakni Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Sitiung I, Puskesmas Sitiung II, Puskesmas koto Baru.

Kemudian, Puskesmas Sungai Rumbai, Puskesmas Timpeh, Puskesmas Padang Laweh, Puskesmas Silago, Puskesmas Koto Besar, Puskesmas Sungai Limau, dan Puskesmas Sialang.

Ia mengatakan selama masa libur Lebaran 11 puskesmas itu tidak ada cuti untuk para perawat dan tenaga medis, termasuk dokter dan juga di RSUD Sungai Dareh yang merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

"Tidak ada cuti. Kami menerapkan sistem bergiliran sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak akan terganggu selama liburan Lebaran," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mamastikan ketersediaan obat-obatan dan juga mobil ambulans yang siap sedia bersama sopir dan tenaga medisnya.

"Pasien yang sifatnya gawat darurat dan harus dibawa ke rumah sakit sudah kami sediakan ambulans," katanya.

Ia menambahkan Dinas Kesehatan setempat juga memberikan pelayanan kesehatan di Posko Operasi Ketupat bersama unsur kepolisian dan stakeholder lainnya. Gunanya untuk mengecek kesehatan pemudik. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar