Arus mudik - Selama liburan lebaran puskesmas buka 24 jam di Pekanbaru

id Puskesmas

Arus mudik - Selama liburan lebaran puskesmas buka 24 jam di Pekanbaru

kesehatan (pixabay.com)

Edarannya sudah kami sampaikan ke semua puskesmas yang ada di Pekanbaru agar ditentukan siapa petugas yang berjaga secara bergantian,
Pekanbaru, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menerbitkan kebijakan operasional selama liburan lebaran 2018 seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) membuka pelayanan selama 24 jam di kota tersebut.

"Edarannya sudah kami sampaikan ke semua puskesmas yang ada di Pekanbaru agar ditentukan siapa petugas yang berjaga secara bergantian, " kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pekanbaru, Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menambahkankan operasional puskesmas 24 jam selama Idul Fitri 1439 H ini guna mengantisipasi apabila ada warga yang mendadak memerlukan pertolongan pertama, sehingga bisa cepat dilayani.

Menurutnya saat ini, terdapat sebanyak 21 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan se- Kota Pekanbaru.

Di antaranya, Puskemas Tenayan Raya, Harapan Raya, Lima Puluh, Sail, Garuda, Melur, Langsat, Payung Sekaki dan Senapelan.

"Semua ini bisa melayani pertolongan pertama bagi pasien, dan jika memerlukan tindakan lanjutan langsung dirujuk," terangnya.

Selain itu, sejumlah puskesmas sudah dengan fasilitas rawat inap yakni Sidomuyo, Simpang Tiga, Simpang Baru, Rumbai Pesisir, Karya Wanita, Umban Sari, Rumbai Bukit, Muara Fajar, Wisata, Plus Sapta Taruna, dan Rejosari.

"Kami tetap melayani masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh puskesmas tetap beroperasi seperti biasa," tegas Zaini.

Sementara itu Dinas Perhubungan Pekanbaru telah membuka posko mudik Lebaran di beberapa titik seperti Sungai Duku, posko komando taktis dan posko yang dibentuk Kementerian Perhubungan RI di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).

"Personel kami terbagi tiga, 33 personel diturunkan di poskotis bersama tim terpadu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dishub Pekanbaru Kendi Harahap di Pekanbaru, Jumat.

Ia menyebutkan selama arus mudik dan balik nantinya, semua personel akan tetap siaga di posko yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Personel teknis kami diturunkan untuk membantu di posko yang dibentuk Balai Perhubungan RI dan sisanya fokus ke posko di Pelabuhan Sungai Duku yang menjadi kewenangan kami," tambahnya.

Dia mengemukakan semua personel tersebut mulai siaga pada Jumat (8/6) di posko masing masing.

"Pada Jumat, personel sudah siaga di posko. Kami tidak ada cuti Idul Fitri," pungkasnya.(*)