DPRD dorong Pemkab Tanah Datar terbitkan perbup aturan berpakaian

id Anton Yondra

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra (kanan) bersama Bupati Irdinansyah Tarmizi (kiri) usai Paripurna Istimewa penyampaian keputusan tentang catatan strategis DPRD terhadap LKPJ Pemkab Tanah Datar tahun 2017. (ist)

Salah satu bentuk pendidikan karakter adalah penggunaan baju basiba yang juga sebuah bentuk pengenalan dan pelestarian baju tersebut
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait aturan berpakaian di lingkungan instansi pemerintah dan sekolah di daerah itu.

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra di Batusangkar, Kamis, mengatakan hal tersebut perlu dilakukan karena pada hari tertentu siswa maupun pegawai hendaknya menggunakan pakaian khas Minang, yaitu baju basiba.

"Dengan demikian kami meminta pemerintah setempat segera menerbitkan perbup agar siswa maupun pegawai se-Tanah Datar dapat mengenakan baju kurung khas itu, terutama pada hari Jumat," katanya.

Ia menyebutkan di bidang pendidikan, penggunaan baju basiba merupakan salah satu bentuk implemetasi dari pembentukan karakter siswa.

Menurutnya baju basiba merupakan baju yang biasa digunakan oleh perempuan Minang dahulu dan sangat identik dengan identitas Minangkabau yaitu 'adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah."

Selain sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter, penggunaan baju basiba juga merupakan bentuk pelestarian terhadap budaya Minang, terutama dalam budaya berpakaian.

"Salah satu bentuk pendidikan karakter adalah penggunaan baju basiba yang juga sebuah bentuk pengenalan dan pelestarian baju tersebut," kata dia.

Ia menambahkan sesuai dengan visi misi kepala daerah yaitu terwujudnya masyarakat yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam adat basandi syarak syarak basandi kitabullah, maka hal tersebut harus ikut tergambar dari cara berpakaian.

Menurut dia, sudah lebih kurang 2.5 tahun pemerintahan berjalan akan tetapi visi misi tersebut belum terlalu tergambar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk berbuat yang terbaik untuk Tanah Datar, serta akan mempertimbangkan kritik dan masukan untuk kemajuan ke depannya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar