Anton Yondra Pimpin Kwarcab Tanah Datar 2016-2021

id Anton Yondra

Anton Yondra Pimpin Kwarcab Tanah Datar 2016-2021

Ketua Kwarcab Tanah Datar yang baru terpilih dalam Muscab, Anton Yondra didampingi ketua lama Aulizul Syuib foto bersama dengan peserta Muscab di Pagaruyung, Sabtu (12/11). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra terpilih menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 0304 Tanah Datar periode 2016 - 2021 menggantikan ketua lama Aulizul Syuib dalam musyawarah cabang.

"Jadikanlah Muscab ini sebagai forum tertinggi Kwarcab Gerakan Pramuka Tanah Datar untuk menyusun program kerja dan kepengurusan baru," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka Muscab di Pagaruyung, Sabtu.

Ia berharap apa yang menjadi keputusan Muscab dapat bermanfaat dan dilaksanakan secara nyata sesuai kebutuhan seluruh anggota dan pengurus Kwarcab.

Wabup mengingatkan hal-hal yang harus menjadi perhatian bagi pengurus Kwarcab Tanah Datar ke depan yakni tujuan gerakan pramuka secara keseluruhan.

"Tujuan sebenarnya adalah menyangkut penanaman moralitas dan mentalitas bagi kalangan remaja dan pemuda dengan berbagai aktivitas yang menarik, menantang, dan tetap memiliki nilai pendidikan yang menyeimbangkan kemampuan fisik, mental dan rohani," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tanah Datar periode 2011 - 2016 Aulizul Syuib menyampaikan bahwa gerakan pramuka sebagai wadah kegiatan dan alternatif utama bagi kaum muda dimana mampu menanggulangi masalah-masalah kehidupan berbangsa yang berkembang dewasa ini.

Ia mengharapkan pengurus Kwarcab dapat meningkatkan kegiatan pembinaan terhadap Kwaran dan gugus dibawahnya.

"Peningkatan kegiatan kepramukaan hendaknya mampu membentengi anak-anak kita dari pengaruh negatif, karena setiap anggota pramuka dididik jiwa disiplin dan mandiri serta kepekaan sosial yang tinggi," kata mantan Wabup Tanah Datar ini.

Ketua Kwarcab Terpilih Anton Yondra mengatakan bahwa pada era globalisasi dan kemajuan ilmu teknologi ini, Gerakan Pramuka memiliki peranan penting untuk terus membangun karakter bangsa.

"Gerakan Pramuka merupakan salah satu faktor pendorong karakter kebangsaan tersebut, sebab itu pramuka dinilai dapat membangun manusia yang dapat memiliki karakter serta watak kuat, tidak hanya cerdas serta menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga generasi muda yang tangguh, serta berbudi pekerti, hingga dapat menjunjung persatuan dan kesatuan," tuturnya.

Ia menyebut pramuka akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi dalam berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup menatap masa depan dengan baik.

"Pramuka akan tetap relevan dengan perkembangan zaman, sebab itu kegiatan Pramuka semakin beragam di berbagai daerah," katanya. (*)