Anton Yondra Dilantik Jadi Ketua DPRD Tanah Datar

id DPRD Tanah Datar

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Anton Yondra dilantik menjadi ketua DPRD Tanah Datar sisa masa jabatan 2014 hingga 2019, menggantikan Zuldafri Darma yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai wakil bupati pada Pilkada serentak 2015.

Pengucapan sumpah dan janji Ketua DPRD Tanah Datar tersebut dilakukan dalam Sidang Paripurna Istimewa Dewan yang dipimpin Wakil Ketua Irman dan dihadiri 28 anggota Dewan, Bupati Irdinansyah Tarmizi, Anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe, di Pagaruyung, Kamis (7/4).

Irman menyampaikan pelantikan Anton Yondra sebagai ketua DPRD setelah menerima SK Gubernur Sumbar Nomor 171-254-2016, dimana sebelumnya sudah keluar SK Gubernur Sumbar Nomor 171-754-2015 tanggal 19 Oktober 2015 tentang pemberhentian Zuldafri Darma sebagai Anggota DPRD Tanah Datar.

Dengan pengunduran diri Zuldafri Darma, maka DPRD Tanah Datar memproses pergantian antar waktu (PAW) anggota dewan sisa masa jabatan 2014 hingga 2019 dan telah melantik penggantinya, Herman Sugiarto pada 28 Januari 2016.

Berdasarkan Surat DPD Partai Golkar Nomor 15/DPD-PGK/II/TD-2016 tanggal 19 Februari 2016 tentang pengusulan pimpinan dewan, maka DPRD Tanah Datar telah melahirkan Keputusan Nomor 176/09/DPRD-TD/2016 tentang penetapan calon pengganti Ketua DPRD sisa masa jabatan 2014 hingga 2016 dalam sebuah Rapat Paripurna pada 26 Februari 2016.

Setelah pelantikan, Ketua DPRD Anton Yondra menyampaikan bahwa sejak pengucapan sumpah dan janjinya tersebut tanda dimulainya pengabdian dan mengemban amanah, kepercayaan, serta tugas oleh rekan anggota DPRD Tanah Datar.

Betapa beratnya amanah yang terpikul dipundak kami sebagai pimpinan dewan, sehingga harus diemban dengan rasa penuh tanggung jawab, kesadaran tinggi, proporsional, jujur, serta konsekuan pada peraturan yang berlaku, katanya.

Ia menyebut anggota dewan mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menyalurkan aspirasi masyarakat dan melahirkan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan ucapan selamat kepada DPRD Tanah Datar yang sudah memiliki Ketua DPRD yang definitive.

Ia mengharapkan hubungan kemitraan yang sudah terjalin selama ini dapat terus berjalan dengan lebih baik dan harmonis sehingga mencapai visi dan misi Kabupaten Tanah Datar mewujudkan masyarakat sejahtera berdasarkan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah. (*)