Kampung Rendang Punya Puluhan Varian Rendang

id kampung rendang

(Antara)-Nama Rendang sebagai makanan lezat asal Sumatera Barat telah mendunia. di Kotamadya Payakumbuh terdapat satu daerah bernama kampung lampasi yang membuat variasi rendang dalam bentuk kering. Aneka produk rendang kering dari wilayah ini dijual secara tersebar di berbagai daerah di Sumatera Barat. copyright © AntaraTV LKBN Antara - Indonesia (Antara TV Sumbar)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Kampung Rendang di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki puluhan varian rendang yang unik dan bisa dikembangkan sebagai kekayaan kuliner daerah untuk menarik wisatawan.

"Hingga saat ini setidaknya ada 30 varian rendang, dengan berbagai macam bahan di Kampung Rendang," kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Faizal, di Payakumbuh, Sabtu.

Rendang itu adalah rendang telur, daging sapi, suir daging, paru, ayam, suir ayam, ubi, suir itik, jamur basah, jamur kering, jamur kriuk, jengkol, jantung pisang, dan daun singkong.

Varian lainnya adalah rendang belut, ikan tuna, daun-daun, pare, pakis/ paku, lokan, cubadak, daging tumbuk, paru basah, jamur kurma, jagung, ikan lele, ikan nila, ikan gabus/ haruan, maco, dan Udang.

Meskipun demikian, Faizal menyebutkan belum seluruh jenis varian itu eksis keberadaannya di Kampung Rendang.

"Belum seluruhnya eksis, karena ada beberapa pembuat yang tidak rutin dan konsisten memproduksi. Sehingga terkesan eksperimental," katanya.

Demi menjaga kepercayaan konsumen pada Kampung Rendang, katanya, yang akan diakomodir adalah barang yang memang layak jual.

Dari 30 varian tersebut ada sekitar delapan varian yang telah eksis dan banyak diminati pembeli.

Delapan varian itu adalah rendang daging sapi, telur, paru, tumbuak daging, suir (ayam & daging sapi), jamur, dan Belut.

Delapan varian itu dapat dijumpai pada Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdapat di Kampung Rendang.

Di antaranya adalah IKM Rendang Riri,Rendang Erika, Rendang Indah, Rendang Nan Keke, Rendang Yen, Rendang Yolanda.

"Persiapan juga tengah digodok bersama-sama untuk menyambut masa Lebaran nanti, karena sering dihadikan oleh-oleh," katanya.

Kampung Rendang merupakan salah satu pusat kuliner di Payakumbuh yang berjarak sekitar 180 kilometer dari Kota Padang.

Ia menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke kota tersebut.***3***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar