Kampung rendang Payakumbuh disiapkan hadapi lebaran

id Rendang,Kampung Rendang,Kampung Rendang Payakumbuh

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/18/)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), siapkan "Kampung Rendang" sebagai sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang menjual berbagai varian rendang, untuk masa libur Lebaran.

"Biasanya saat Lebaran akan banyak perantau yang pulang kampung lalu berbelanja serta mencari oleh-oleh, ini adalah potensi serta peluang yang harus digaet oleh Kampung Rendang," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, di Payakumbuh, Kamis.

Dengan hal itu, katanya, maka proses jual-beli di Kampung Rendang, Jalan Tan Malaka, Limposi, akan meningkat dibandingkan hari normal.

Ia mengatakan sebagai persiapan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan IKM di Kampung Rendang, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Untuk mendapatkan eksistensi dan dikenal secara luas, kami perlu menunjukkan kualitas serta mutu dari yang ditawarkan," jelasnya.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Faizal, mengatakan saat ini di Kampung Rendang setidaknya terdapat 30 varian rendang.

Mulai endang telur, daging sapi, suir daging, paru, ayam, suir ayam, ubi, suir itik, jamur basah, jamur kering, jamur kriuk, jengkol, jantung pisang, dan daun singkong.

Varian lainnya adalah rendang belut, ikan tuna, daun-daun, pare, pakis/ paku, lokan, cubadak, daging tumbuk, paru basah, jamur kurma, jagung, ikan lele, ikan nila, ikan gabus/ haruan, maco, dan Udang.

"Jenis varian ini sangat cocok untuk direkomendasikan sebagai buah tangan dari Payakumbuh," katanya.

Meskipun demikian, belum seluruh jenis varian itu eksis keberadaannya di Kampung Rendang.

"Belum seluruhnya eksis karena ada beberapa pembuat yang tidak rutin dan konsisten memproduksi. Sehingga terkesan eksperimental, ini yang harus diubah," katanya.

Delapan varian yang sudah eksis dan banyak diminati pembeli adalah rendang daging sapi, telur, paru, tumbuak daging, suir (ayam & daging sapi), jamur, belut, dan jengkol.

Delapan varian itu bisa dijumpai pada Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdapat di Kampung Renandang.

Di antaranya adalah IKM Rendang Riri, Rendang Erika, Rendang Indah, Rendang Nan Keke, Rendang Yen, Rendang Yolanda.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar