Padang perkuat kualitas komisi penilai dokumen amdal

id Komisi Penilai Amdal Padang,DLH Padang

Padang perkuat kualitas komisi penilai dokumen amdal

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang tengah memberikan arahan pada bimtek penilai Amdal Padang 25-26 April. (Dok Humas Kota Padang)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar fokus memperkuat kualitas komisi penilai dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) guna meminimalkan pelanggaran aturan tersebut.

"Penguatan Amdal ini penting mengingat banyaknya pelanggaran yang dilakukan perusahaan atau instansi dalam pelaksanaannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang Al Amin di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan untuk tim penilai Amdal yang khusus memeriksa dan menilai di Padang sedang dilaksanakan bimbingan teknis oleh pakar dari Unand.

Meskipun demikian hasilnya akan terlihat saat melakukan praktik penilaian pada satu instansi.

Selain bimtek kata Al Amin, penguatan ini juga akan dilakukan dari tes terkait kompetensi penilai.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penguatan kualitas penilaian salah satunya terampil dan jeli dalam melihat persoalan lingkungan atau dampak yang terjadi pada suatu kegiatan.

Seorang penilai jelas harus memiliki inovasi untuk memastikan kegiatan yang akan di amdal tidak berdampak besar pada lingkungan.

Artinya tim penilai harus bisa memprediksi lebih dalam prakiraan dampak terkecil pada satu pembangunan atau kegiatan.

Sebab selama ini terjadi pelanggaran karena masih lemahnya kemampuan mendeteksi dampak terkecil tersebut.

Ke depan dengan bantuan berbagai pihak yang bergerak dalam bidang tersebut, Padang memiliki tim penilai amdal yang andal. (*)