Kelurahan Berdikari, Silba dinilai tim penilai Kampung Pancasila

id Kampung Pancasila

Kelurahan Berdikari, Silba dinilai tim penilai Kampung Pancasila

Tim penilai Kampung Pancasila sedang kunjung lapangan di Silaing Bawah, Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Padang Panjang (ANTARA) - Usai dicanangkan sebagai Kelurahan Berdikari Sumataera Barat oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kelurahan Silaing Bawah (Silba), Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) dinilai tim lapangan.

Korem 032/Wirabraja melalui Kodim 0307/Tanah Datar melakukan Penilaian Kampung Pancasila pada 29 September 2022 terhadap indikator penerapan nilai-nilai Pancasila di wilayah kelurahan itu.

Tim penilai yang dipimpin Kapten Inf. H.Sirait, Pasi Intel Kodim 0307/TD diterima Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Padang Panjang, Kapten Inf. Rudi Saragih didampingi Camat PPB, Fiori Agustian, SIP, Forkopincam PPB, BPBD Kesbangpol, lurah Silba serta lembaga kemasyarakatan di RT 13.

Ia mengatakan, dalam penilaian, pihaknya menemukan wujud nilai-nilai leluhur yang terkandung dalam Pancasila dapat diterapkan dalam sendi kehidupan di tengah masyarakat. Seperti kerukunan warga Silba yang saling membantu antarsesama, adanya posko peduli stunting, termasuk usaha ekonomi yang digagas kelompok wanita tani (KWT).

“Mudah-mudahan dengan adanya Kampung Pancasila ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan seluruh kegiatan ke dalam nilai Pancasila. Semoga dapat membuat masyarakat menyadari bahwa pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.” pungkasnya

Tim melakukan penilaian mulai dari pintu masuk, lokasi dalam Kampung Pancasila, inovasi-inovasi yang dilaksanakan, kerukunan dan kekompakan masyarakat, gapura, Pos Kamling, Posko Stunting dan Posyandu Lansia sampai lukisan atau mural bertemakan Pancasila bertebaran di dinding pintu masuk RT 13 Silaing Bawah.

"Kamu mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dan kepada seluruh warga masyarakat Silba yang telah meluangkan waktu untuk penilaian ini. Semoga bisa memperoleh hasil yang maksimal," tutur Camat Fiori.