Masuk 10 besar nasional, tim penilai PPD Bappenas RI verifikasi lapangan ke Tanah Datar

id PPD Bappenas RI ,Berita tanah datar,Berita sumbar

Masuk 10 besar nasional, tim penilai PPD Bappenas RI verifikasi lapangan ke Tanah Datar

Tim penilai PPD Bappenas RI verifikasi lapangan ke Benteng Van Der Capellen Kamis, (28/3) (Antara/HO) 

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berhasil melangkah ke 10 besar se Indonesia dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat kabupaten tahun 2024 melalui program inovasi satu nagari satu event.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Tanah Datar Adriyanti Rustam di Batusangkar Kamis, atas keberhasilan tersebut tim penilai PPD dari Bappenas RI melakukan kunjungan lapangan ke Tanah Datar.

"Tim Penilai Tahap II kunjungi Tanah Datar untuk melakukan tes wawancara dan verifikasi lapangan," kata dia.

Dia mengatakan untuk tes wawancara telah dilakukan bersama stakeholder terkait di Gedung Indojolito Batusangkar pada Rabu, (27/3).

Selain tes wawancara di juga ditampilkan dokumen foto event di tiap nagari yang telah melaksanakan program satu nagari satu event.

"Kemudian pada hari ini melakukan kunjungan lapangan ke ke kompleks Van Der Capellen yang saat ini dimanfaatkan menjadi kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Tanah Datar," kata dia.

Bupati Eka Putra mengatakan lahirnya pemikiran program satu nagari satu event adalah sebagai ajang pelestarian kebudayaan, ajang menggali potensi nagari, sekaligus mengemas dan mempromosikannya.

Pemikiran itu lahir saat dia masih menjadi calon bupati setelah berkeliling mencari aspirasi masyarakat ke pelor nagari-nagari.

"Dengan begitu banyak kekayaan adat dan budaya serta kuliner yang unik di nagari sehingga kekayaan itu harus dilestarikan karena mampu memberikan multiplier effect. Alhamdulillah setelah dipercaya menjadi Bupati, lahirlah program ini," kata Bupati.