Ini dia tujuh destinasi wisata Solok Selatan yang diusulkan ikut API 2018

id Goa Batu Kapal

Seorang pengunjung dalam Goa Batu Kapal di Solok Selatan. (cc)

Karena sudah menang kawasan saribu rumah gadang tidak boleh ikut lagi pada ajang ini, sehingga kami mengusulkan destinasi lain yang tak kalah menariknya
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengusulkan tujuh destinasi wisata untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 ke pemerintah provinsi setempat.

"Menindaklanjuti surat dari provinsi terkait usulan tempat wisata yang akan ikut pada ajang API 2018 kami sudah mengirimkan tujuh destinasi untuk dipilih dan dimasukkan dalam nominasi," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan, Yolni Hendra di Padang Aro, Kamis.

Tujuh destinasi yang diusulkan yaitu kategori makanan tradisional terpopuler pangek pisang, wisata air terpopuler pacu codang.

Selanjutnya ekowisata terpopuler yaitu eko edu wisata wonorejo, atraksi budaya terpopuler randai, situs sejarah terpopuler rumah gadang panjang dan surga tersembunyi terpopuler goa batu kapal.

Pengusulan destinasi wisata tersebut lengkap dengan keterangan seperti lokasi dan ditunjang foto.

"Kami yakin dari tujuh destinasi yang diusulkan akan ada yang dipilih untuk mengikuti anugerah API 2018," katanya.

Pada 2017 kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan meraih juara I kampung adat terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesi (API) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Saribu rumah gadang menjadi pemenang pada ajang API setelah mendapatkan vote yang signifikan yaitu 50,19 persen.

Pada API 2017 saribu rumah gadang mampu mengalahkan Kete' Keshu Kabupaten Toraja Utara dengan vote 17 persen dan Kampung Wisata Mangeman Kabupaten Bantul sebanyak 11 persen.

"Karena sudah menang saribu rumah gadang tidak boleh ikut lagi pada ajang ini, sehingga kami mengusulkan destinasi lain yang tak kalah menariknya," ujarnya.

Untuk goa batu kapal saja katanya sekarang sudah sangat populer dan mampu mendatangkan wisatawan dari nusantara maupun mancanegara.

Setelah menang pada API 2017 saribu rumah gadang dibantu oleh pemerintah pusat yaitu dengan revitalisasi total yang dicanangkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo saat puncak HPN.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mencanangkan revitalisasi kawasan aaribu rumah gadang yang menyabet juara pertama dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 pada kategori kampung adat terpopuler.

"Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya juga di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden dalam sambutannya saat Peringatan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang pada 9 Februari 2018.

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Solok Selatan, sejak tiga tahun terakhir terus meningkat walaupun tidak terlalu signifikan sehingga PAD dari sektor ini juga naik setiap tahun.

Pada 2015 kunjungan wisatawan 27.500 orang, naik cukup tinggi pada 2016 mencapai 31.193 orang, dan 2017 naik lagi menjadi 31.792 wisatawan.

Namun demikian kunjungan wisatawan mancanegara turun cukup signifikan dua tahun terakhir karena pada 2015 jumlahnya mencapai 2.123 orang, dan pada 2016 turun drastis menjadi 105 wisman, dan 2017 juga hanya 180 orang. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar